Diminta Cairkan Dana BOS, Foke Tak Siap

Anak sekolah
Sumber :
  • ANTARA/ Anang Budiono

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono segera mengirimkan surat edaran mekanisme penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2012 kepada pemerintah daerah untuk melakukan pencairan dana pada Januari 2012 ke sekolah-sekolah.

Menanggapi instruksi Wapres ini, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, menyatakan ketidaksiapan Pemprov DKI. Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, mengungkapkan keputusan waktu pencairan dana ini terlalu cepat.

"Bagaimana bisa siap, kalau saya bilang siap nanti kamu ketawa. Kita saja belum dapat instruksinya dari Wapres," ujar Fauzi Bowo di Balaikota DKI Jakarta, Selasa, 6 Desember 2011.

Foke tampak kecewa, pasalnya bukan suatu hal yang mudah menyalurkan dana BOS ke sejumlah sekolah di ibukota. Hingga kini saja, masih banyak kendala yang dihadapi terkait penyaluran dan penggunaan dana BOS ini.

"Kalau segera itu berapa lama? Ini sekarang saja sudah tanggal 6 Desember, memangnya semuanya David Coperfield," ucapnya.

Foke sendiri mengaku belum mempersiapkan apapun terkait tim pengawas dana BOS sesuai mekanisme baru yang diterapkan oleh Wapres.

"Saya minta supaya pengambil keputusan itu memperhitungkan juga kapasitas dari pada staff work yang harus menyelesaikan ini," kata dia.

Seperti diketahui, mekanisme penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) mengalami perubahan mulai Januari 2012. Perubahan ini disesuaikan dengan kenaikan jumlah dana BOS hingga 43,75% dibandingkan pada 2011.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh, yang hadir dalam rapat bersama Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres, mengatakan pencairan dana BOS oleh Pemerintah Daerah sudah harus dilaksanakan pada 9-16 Januari 2012 ke sekolah-sekolah.

Dana BOS dari Pemerintah Provinsi akan mengalir langsung ke sekolah-sekolah setelah ada penandatanganan naskah perjanjian hibah antara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, mewakili gubernur, dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten, mewakili seluruh SD dan SMP di wilayahnya.

Detik-detik Penangkapan Epy Kusnandar dan Yogi Gamblez karena Pakai Ganja

Penandatanganan ini cukup berlangsung satu kali dalam satu tahun anggaran, persisnya sebelum penyaluran triwulan I.

Prosedur penyaluran dana BOS ini akan dilaksanakan secepatnya. Menurut M. Nuh, paling lambat pada 22 Desember 2011 mendatang, penandatanganan naskah perjanjian hibah dilakukan. (umi)

Jemaah calon haji kota tangerang

430 Jemaah Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci

Sebanyak 430 jemaah calon haji atau JCH asal Kota Tangerang, Banten, siap diberangkatkan pada Sabtu, 11 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024