BNPB Kucurkan Rp1 M untuk Banjir di Banten

Pengungsi Banjir
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Terbatasnya bantuan logistik dan peralatan yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten menyebabkan bantuan kepada pengungsi banjir di beberapa wilayah Banten belum didistribusikan dengan cepat.

Lokasi banjir terdapat di 6 daerah yaitu, Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, Tangerang, Kota Serang, dan Kota Cilegon.

"Oleh karena itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali akan memberikan bantuan logistik dan peralatan kepada BPBD Banten pada hari ini," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Nugroho dalam keterangan persnya yang diterima VIVAnews.com, 17 Januari 2012.

Bantuan yang akan diberikan berupa, makanan siap saji 300 paket, lauk pauk 300 paket, tambahan gizi 300 paket, matras 300 lembar, tikar 300 lembar, Kompor serba guna 300 buah, family kit 300 paket, kids ware 300 paket, selimut 300 lembar. BNPB juga akan memberikan mesin perahu kapsitas 18 PK 2 unit, tenda pleton 3 unit, tenda regu 6 unit, fleksibel tank 1000 liter 5 unit.

"BNPB juga akan menyerahkan bantuan dana siap pakai sebesar Rp1 miliar kepada BPBD Provinsi Banten untuk penanganan darurat banjir," katanya.

Menurut Sutopo, Kepala BNPB bersama kementerian/lembaga akan melakukan pengamatan lagi dari udara dengan helikopter. Koordinasi penanganan darurat terus dilakukan bersama seluruh stakeholder.

Sebelumnya BNPB juga sudah memberikan bantuan kepada BPBD berupa mobil rescue, ambulan, mobil dapur umum, mobil penjernih air, dan keperluan logistik lainnya untuk pengungsi.

"BNPB terus melakukan pendampingan terhadap BPBD Provinsi Banten dan BPBD kabupaten/kota dalam penanganan darurat banjir, baik pendampingan administrasi, manajerial, logistik, peralatan dan pendanaan," ujarnya.

Luapan Sungai Ciujung merendam ribuan rumah. Di Kragilan tercatat 1.281 rumah terendam yang berada di Tegal Maja 35 rumah, Undar-Andir 804 rumah, Dukuh 412 rumah, dan Kragilan 30 rumah. Di Kecamatan Kibin terendam sebanyak 1.104 rumah dengan wilayah terparah yaitu Desa Nagara.

Sementara itu, data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten, menyebutkan, akibat meluapnya Sungai Ciujung, sebanyak 13.755 rumah warga terendam. Wilayah yang terendam tersebar di 97 desa.

Selain di Kabupaten Serang, wilayah Kabupaten Lebak juga mengalami banjir. Tercatat sebanyak 3.108 rumah di 58 desa terendam banjir. Di Kabupaten Pandeglang sebanyak 9.770 rumah juga mengalami musibah yang sama. (umi)

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024