DKI: Galian di Sudirman Selesai Februari

Gorong-gorong di Jalan Sudirman, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Perbaikan saluran air atau gorong-gorong di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, ditargetkan rampung pada awal Februari 2012. Saat ini pengerjaan yang kerap menuai protes dari warga itu telah masuk tahap peninggian grill atau penutup gorong-gorong.

Kepala Bidang Tata Air Dinas PU DKI Jakarta, Tarjuki, mengatakan pengerjaan proyek tersebut telah mencapai 50 persen. Menurut dia, dari 286 lubang air, sebanyak 126 di antaranya sudah ditinggikan hingga rata dengan jalan.

"Sisanya, sebanyak 160 buah ditargetkan rampung dalam 15 hari ke depan," kata Tarjuki, Selasa, 24 Januari 2012.

Dia menambahkan saat ini di sisi barat dan timur Jalan Sudirman, secara keseluruhan terdapat 443 grill. Dari jumlah tersebut, yang kondisinya terlalu menjorok ke dalam hingga membentuk lubang dan membahayakan pengguna jalan terdapat sebanyak 286.

"Sisanya sudah rata dengan jalan dan tidak membahayakan pengguna jalan sehingga tidak perlu penyempurnaan. Hanya yang membentuk lubang yang kami benahi agar tak membahayakan pengguna jalan," ucapnya.

Tarjuki mengungkapkan petugas di lapangan mengalami sejumlah kendala dalam menyempurnakan perbaikan gorong-gorong. Salah satunya, pengerjaannya hanya bisa dilakukan saat malam hari, yakni antara pukul 23.00-05.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

"Pengerjaan malam ini memang lebih sulit karena gelap sehingga membutuhkan waktu yang lebih panjang. Belum lagi hujan yang mengguyur kerap menghambat pengerjaan," ujar dia.

Meski demikian, Tarjuki meminta masyarakat bersabar dan maklum dengan upaya perbaikan ini. Sebab, lanjutnya, perbaikan ini memiliki tujuan jangka panjang, yakni membebaskan kawasan Sudirman dan Thamrin dari ancaman banjir saat hujan.

"Upaya perbaikan yang mungkin mengganggu kenyaman pengendara ini sifatnya sementara. Tujuannya hanya satu, yakni memberikan kenyamanan pada warga Ibukota dengan membebaskan wilayah ini dari genangan yang selama ini kerap terjadi," katanya.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024