Mengapa di Jakarta Banyak Jalan Rusak

Jalan Rusak di depan Citos
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Jalan Raya merupakan salah satunya fasilitas jalur darat yang dapat dilalui oleh pengendara, baik itu kendaraan roda dua dan roda empat. Tetapi, sering kali jalanan tersebut malah membuat bahaya bagi si pengendara. Contohnya saja, jalan raya di Jakarta.

Ada jalan yang bergelombang, jalan rusak, hingga jalan yang berlubang. Jalan tak layak ini banyak ditemukan di Jakarta, apalagi di jalur protokol, jalur utama yang digunakan setiap harinya oleh warga Jakarta.

Menurut Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Sudarmanto, setiap menjelang akhir tahun, jalanan Ibukota aspalnya banyak yang mengikis karena beberapa faktor. "Bisa karena musim hujan, kendaraan berat, dan mungkin juga karena aspal yang kurang bagus," kata Sudarmanto kepada VIVAnews.com, Rabu 25 Januari 2012.

Meski banyak jalanan yang menjadi rusak, tetapi prosesntasi kecelakaan akibat hal tersebut tidak terlalu signifikan. Pihaknya juga sudah melayangkan surat ke Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta untuk memperbaiki jalan tersebut.

Jika ada yang menjadi korban jiwa akibat jalanan yang rusak, kata Darmanto, diharapkan segera melaporkan kepada pihak yang berwajib. Sejauh ini belum ada laporan masyarakata lagi terkait dengan kasus tersebut. Data terakhir yang dicatat pihaknya, korban jiwa dalam kasus jalan rusak terjadi di kawasan Jenderal Sudirman, dimana ketika itu ada proyek rehabilitasi gorong-gorong.

"Kami selalu memberi himbauan, kepada seluruh pengguna jalan. Kita bukan hanya himbau, tapi kita juga memasang traffic cone di tempat-tempat yang dianggap rawan," kata dia.

Pada tahun 2010, kecelakaan karena faktor jalan bergelombang, sebanyak 50 kali, sedangkan tahun  2011 sebanyak 49, 48 terjadi di Jakarta Barat, dan satu di Bekasi Kota.

Tikungan tajam, pada 2010 sebanyak dua kejadian, tahun 2011 sebanyak empat kali, semuanya terjadi di Jakarta Barat. Jalan rusak, pada 2010 menyumbang 16 kecelakaan, sedangkan pada tahun 2011 sebanyak satu kejadian.

Jalan berlubang pada tahun 2010 sebanyak 53 kejadian, dan tahun 2011 sebanyak 35 kejadian.  Kecelakaan ini di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Kabupaten Tanggerang, dan Kabupaten Bekasi.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 11 Mei 2024
VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Soemitro

Kisah Jenderal Soemitro, dari Ramalan Boneka Jailangkung Jadi Tentara Kesayangan Soeharto

Jenderal TNI (Purn) Soemitro Sastrodihardjo, yang dikenal sebagai salah satu panglima militer paling berpengaruh di era Orde Baru, memiliki kisah masa kecil yang unik dan

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024