Damai, Laporan Bullying Don Bosco Dicabut

Sekolah Don Bosco
Sumber :

VIVAnews - Tujuh siswa kelas satu SMA Seruni Don Bosco, Pondok Indah, Jakarta Selatan, sepakat akan mencabut laporan di Polres Jakarta Selatan terkait bullying yang dilakukan senior mereka. Pencabutan laporan dilakukan karena sudah ada kesepakatan damai antara korban dan para pelaku.

"Sepakat mencabut laporan ke Polres bersama-sama. Ada sanksi edukatif, dan pelaku juga bersedia menjadi agen stop bullying. Ada jaminan mereka tidak akan mengulangi bullying," ujar Ketua Dewan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Seto Mulyadi, di Jakarta, Selasa, 7 Agustus 2012.

Seto menjelaskan, bila ada ancaman meski hanya secara verbal misalnya melalui twitter, maka yang bersangkutan bisa langsung ditahan polisi. Sebelumnya, setelah ditahan selama dua hari, para pelaku sudah mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya.

Menurut Seto, kasus bullying Don Bosco harus menjadi pelajaran penting bagi pendidikan di Indonesia. Yang menggembirakan, kasus ini akhirnya bisa diselesaikan dengan damai dengan sanksi edukasi. KPAI juga mendukung polisi mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

"Korban dan pelaku mau berpelukan, begitu juga dengan orangtuanya. Ada keberanian untuk minta maaf, begitu juga dengan orantua pelaku. Ada keberanian untuk memaafkan, bahkan ada undangan untuk makan bersama di rumah korban," kata Seto.

Manajer Pendidikan SMA Don Bosco, Ibnu Markatab menambahkan, dalam kasus ini sudah ditegaskan untuk stop bullying dan persoalannya sudah diselesaikan dengan baik.

"Proses yang panjang tidak ada perdebatan atau salah paham. Karena semua klarifikasi, satu per satu anak/pelaku minta maaf. Begitu juga orangtua mereka masing-masing. Kemudian Komnas PA dan KPAI memberi nasihat," jelas Ibnu.  (umi)

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”
BMW i5 eDrive40 M Sport

BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia

BMW Indonesia mengumumkan hasil penjualan yang luar biasa untuk kuartal satu 2024 dengan total 775 unit, menunjukkan peningkatan 12 persen dibandingkan periode yang sama

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024