Anggaran Pelantikan Jokowi Dipangkas Separuh

Jokowi Temui Pendukung di Posko Pemenangan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akhirnya sepakat memangkas alokasi anggaran pelantikan calon gubernur dan wakil gubernur DKI terpilih periode 2012-2017, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

Pemangkasan anggaran pelantikan itu dibahas dalam rapat antara Sekretaris Dewan (Sekwan) bersama Rapat Komisi A DPRD DKI sebanyak dua kali. Keputusan dalam rapat tersebut akhirnya menetapkan alokasi anggaran pelantikan sebesar Rp499.407.000 dari awalnya Rp1,05 miliar. Artinya, dewan memangkas anggaran pelantikan hingga 52,46 persen.

Sekretaris Dewan DPRD DKI, Mangara Pardede, menjelaskan awalnya, dalam APBD DKI 2012 telah dialokasikan anggaran pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2012-2017 sebesar Rp1,05 miliar. Namun karena anggaran tersebut menuai protes keras dari berbagai pihak, maka alokasi anggaran pelantikan diupayakan seminimal mungkin.

“Kami melakukan rapat dengan Komisi A. Untuk pertama kalinya, kami memangkas anggaran sebesar Rp424 juta, sehingga dana yang akan digunakan sebagai anggaran pelantikan hanya Rp626 juta saja,” kata Mangara Pardede di gedung DPRD DKI, Jakarta, Kamis, 27 September 2012.

Anggaran yang dipangkas tahap pertama sebesar Rp424 juta terdiri dari anggaran untuk Paduan Suara sebesar Rp99 juta, lalu anggaran untuk penyanyi sebesar Rp160 juta, anggaran untuk sound system sebesar Rp75 juta, anggaran untuk dokumentasi dan dekorasi sebanyak Rp70 juta serta sewa Keroncong Tugu sebesar Rp20 juta.

“Tapi kami merasa alokasi dana sebesar Rp626 juta untuk anggaran pelantikan masih terasa besar. Karena itu kami rapatkan kembali dengan Komisi A, dan akhirnya menghasilkan keputusan dilakukan pemangkasan anggaran kembali sebesar Rp127 juta,” ujarnya.

Ia memaparkan, pemangkasan anggaran tahap kedua sebesar Rp127 juta itu terdiri dari penghapusan anggaran snack untuk tamu sebesar Rp77 juta. Lalu konsumsi untuk petugas pengamanan sebanyak 500 orang dikurangi menjadi 250 orang saja, sehingga anggaran yang dihemat untuk konsumsi sebesar Rp50 juta.

250 Petugas keamanan itu terdiri dari 150 dari aparat kepolisian dan 100 anggota Satpol PP DKI. "Pengurangan ini dilakukan karena kami melihat Gubernur DKI Fauzi Bowo sudah legowo dengan kekalahannya, sehingga kami prediksikan suasana Jakarta saat pelantikan akan kondusif dan tidak akan terjadi keributan. Jadi kami kurangi kebutuhan petugas pengamanannya,” katanya.
 
Dengan begitu, lanjutnya, total penghematan atau pemangkasan anggaran pelantikan gubernur dan wakil gubernur yang rencananya akan digelar pada tanggal 7 Oktober 2012 mencapai Rp551 juta atau sekitar 52,46 persen dari alokasi anggaran awal sebesar Rp1,05 miliar.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional
Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024