BNPB: Kebutuhan Pengungsi Seminggu ke Depan Aman

pengungsi banjir Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVAnews - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, mengatakan untuk saat ini pihak BNPB hampir bisa memenuhi seluruh kebutuhan yang diperlukan pengungsi banjir. Untuk kebutuhan seminggu ke depan, sudah aman.

Syamsul mengimbau kepada pihak-pihak yang ingin menyumbangkan susu kepada para pengungsi untuk terlebih dahulu memberikan kepada petugas dari dinas kesehatan yang ada di lokasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah susu yang diberikan alih-alih untuk menjaga kesehatan malah membuat korban yang tidak diperlukan.

"Ditakutkan nanti malah masalah pembuatan yang tidak steril dan bersih malah membuat pengungsi sakit," katanya dalam acara jumpa pers Posko Banjir Nasional di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Jumat 18 Januari 2012.

Ia mengatakan BNPB telah menyediakan 1.040 paket family kit dari 1.000 paket yang diperlukan dan tinggal menunggu pendistribusian saja. Lebih lanjut, BNPB menurut Syamsul juga membutuhkan dapur umum sebanyak 20 buah. Selanjutnya para pengungsi juga membutuhkan 10 ribu lembar selimut.

"Namun untuk ini, kami lebihkan menjadi 30 ribu karena ada warga juga yang tidak mengungsi namun bertahan di lantai dua rumahnya dan butuh dibantu," katanya.

Selain itu para pengungsi membutuhkan 15 ribu lembar tikar, 144 perahu karet, 16 tenda posko yang hampir semuanya telah dipenuhi. Sedangkan untuk yang belum bisa terpenuhi adalah beras yang baru tersedia 200 ton dari 700 ton yang diperlukan, MCK dari 800 dari 900 yang diperlukan.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Seluruh kebutuhan ini dijelaskannya dihitung hingga seminggu ke depan. "Diperkirakan kebutuhan akan kebutuhan pokok dan kebutuhan pengungsian lainnya akan terus bertambah karena BMKG pun mempekirakan hujan deras masih akan mengguyur hingga seminggu ke depan," katanya. (eh)

Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024