Dinilai Hina Agama, FPI Depok Polisikan Jonas Rivanno

Jonas Rivanno dan Asmirandah
Jonas Rivanno dan Asmirandah
Sumber :

VIVAnews - Dianggap telah melecehkan agama Islam, sejumlah anggota Front Pembela Islam (FPI) Kota Depok melaporkan pesinetron Jonas Rivanno ke polisi, Kamis 14 November 2013.
         
Ditemui di ruang penyidik Polresta Depok, Ketua FPI Depok, Habib Idrus Al Gadri, mengatakan ada beberapa tuntutan yang akan diajukan pihaknya terkait kasus ini. Salah satunya adalah permohonan maaf Vanno.
          
"Alasannya jelas, karena dia telah menyinggung dan mempermainkan agama. Padahal, sudah jelas dia masuk Islam lalu sekarang dia menampiknya. Ini kan penghinaan," kata Idrus kepada VIVAnews.

"Pemeluk agama mana pun pasti tidak akan sudi agamnya dipermainkan," Idrus menegaskan. 

Idrus mengancam akan terus membawa kasus ini ke ranah hukum. "Kami juga bawa bukti-bukti dia sudah menikah dengan Asmirandah pada tanggal 17 Oktober lalu. Semua jelas," katanya.

Sebelum diisukan menikah dengan Asmirandah, Jonas Rivanno dikabarkan telah lebih dulu menjadi mualaf. Menurut Ketua MUI kawasan Beji, Depok, Mahari Madarif, Vanno berpindah agama di Masjid An-Nur, 21 Agustus 2013.

Sebelum memutuskan pindah agama, menurut Mahari, keluarga Andah sempat berkonsultasi dengannya. "Keluarga Andah bilang, ada yang mau masuk Islam. Jonas yang mau masuk Islam. Ya sudah kami bantu. Konsultasi sekitar satu sampai dua hari. Tiga hari kemudian, diputuskan tanggalnya," ujar Mahari.

Prosesi berlangsung usai salat Subuh, disaksikan beberapa masyarakat, pengurus masjid, dan keluarga Andah. Pesinetron Binar Bening Berlian itu juga hadir di lokasi.

Mahari sempat menanyakan motivasi Vanno berpindah agama. Saat itu, Vanno beralasan, tertarik agama Islam karena melihat banyak temannya yang Muslim.

"Dia pernah baca buku soal Islam, terus melihat akhlak Muslim dan Muslimah, tertarik masuk Islam. Saya lihat motivasinya bagus," lanjutnya.

Artinya, kemauan itu berasal dari Vanno sendiri. Saat mengucap dua kalimat syahadat pun, kata Mahari, Vanno melafalkannya dengan baik. "Sudah bagus, tinggal dibimbing lagi biar lancar," tuturnya.

Namun, Jonas membantah telah masuk Islam. Soal baju koko, dia menjelaskan, tak mengisyaratkan Islam tidaknya seseorang. Ia sudah terbiasa memakainya sejak Lebaran dua tahun lalu, saat bersama sang kekasih.

Pasangan ini juga membantah telah menikah. Keduanya akan melangsungkan pernikahan, Januari 2014 mendatang. (one)

Lihat bantahan Jonas menjadi mualaf di video ini.