Menyaru Jadi Penumpang, Wanita Cantik Jadi Copet di Bus TransJakarta

Pemisahan penumpang di halte Busway.
Pemisahan penumpang di halte Busway.
Sumber :
  • ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo

VIVAnews - Seorang perempuan berparas cantik digiring petugas bus TransJakarta karena tertangkap tangan sedang mencuri sebuah handphone milik penumpang, Jumat 15 November 2013. Para penumpang lainnya tak mengira jika perempuan itu seorang copet, karena penampilannya sangat rapi.

Rena (24), salah satu saksi yang melihat kejadian itu mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu, kondisi bus koridor I Blok M-Kota sangat padat. Dia mengaku naik bus itu dari halte Bundaran Hotel Indonesia. Menurut dia, sepanjang perjalanan memang tidak ada yang aneh.

Saat berhenti di halte Polda Metro Jaya, tiba-tiba perempuan cantik yang diperkirakan berusia 25 tahun itu turun dari bus.

"Saat turun, seorang bapak langsung berteriak copet ke arah perempuan tersebut. Bapak itu mengaku kehilangan smartphone-nya," ujar Rena kepada VIVAnews.

Rena menjelaskan, usai diteriaki copet, perempuan itu ditangkap petugas penjaga halte. Bus yang ia tumpangi juga sempat berhenti sekitar 15 menit. Petugas terlihat memeriksa perempuan itu dengan meminta sejumlah identitasnya.

Setelah itu, pelaku digiring ke dalam bus dan langsung dimasukkan ke dalam ruangan khusus sopir. "Saat masuk langsung dicacimaki penumpang lainnya. Saya saja tak mengira dia pencopet. Tampangnya cantik soalnya," kata dia.

Saat pelaku dibawa ke ruang sopir, kata Rena, semua penumpang langsung memeriksa barang berharga yang ada di dalam tas masing-masing. Pelaku dan korban akhirnya diturunkan di halte Blok M untuk selanjutnya diproses dan dibuat laporan ke polisi. (art)