Pengakuan Sopir Mikrolet yang Sengaja Ngetem di Pintu Kereta

Perlintasan Kereta Dijaga dengan Insting
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menerobos perlintasan kereta api sepertinya sudah bukan lagi hal yang menyeramkan bagi pengendara di Jakarta. Para sopir angkutan umum bahkan memanfaatkan itu sebagai kesempatan untuk mencari penumpang sebanyak-banyaknya.

Ali Mutopo (35) salah satu sopir sebuah perusahaan ekspedisi di Jakarta, mengaku setiap hari harus berjibaku dengan kemacetan di perlintasan kereta api Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Setiap hari dia bisa sampai sepuluh kali bolak-balik melewati perlintasan kereta api Stasiun Senen. Dan dia sudah terbiasa menerobosnya.

"Kalau saya sudah tahu jurusnya biar aman nerobos pelintasan kereta api. Saya sudah 20 tahun jadi sopir," kata Ali saat ditemui di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Desember 2013.

Menurut Ali, warga di sekitar Stasiun Senen sudah tahu kapan kereta akan lewat dan kapan pintu perlintasan ditutup. Jadi setiap melintas mereka tidak terjebak di palang pintu yang menutup cukup lama.

"Di sana nunggunya juga lama lebih dari tiga menit. Saya sudah tahu kapan kereta akan lewat. Sudah hafal sekali kapan kereta akan lewat," ucap dia.

Menurut Ali, biasanya yang jadi korban perlintasan adalah pengendara yang baru kali itu melintas di pintu kereta Stasiun Senen.

Sepengetahuan Ali, sebenarnya perlintasan kereta api menutup lama itu hanya karena ada akal-akalan dari penjaga pintu. Sebab lalu lintas di perlintasan pintu kereta itu sangat padat. Jadi pintu kereta api diturunkan lebih awal.

"Kadang-kadang ada juga penjaga pintu perlintasan yang kongkalikong dengan sopir Metromini," katanya.

Ali mengetahui hal itu karen dia pernah jadi sopir angkutan umum. Sewaktu jadi sopir Mikrolet M-12 rute Senen-Kota, dia kerap bekerjasama dengan penjaga pintu perlintasan.

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Alasannya, jika pintu kereta api diturunkan lebih awal, para sopir angkutan umum bisa ngetem lebih lama di sekitar perlintasan kereta.

"Kalau pintu kereta api sudah tertutup itu lahan paling bagus buat cari penumpang. Karena kalau ngetem di terminal kan dibatasi waktunya," ujar dia.

Viral keribuatan Avsec Bandara Soetta dengan penumpang

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Perselisihan antara petugas aviation security atau avsec dengan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024