Pukul 24.00, Waspada Kiriman Air ke Jakarta

Banjir Kiriman Menggenangi Kampung Pulo
Banjir Kiriman Menggenangi Kampung Pulo
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Jakarta kembali diancam banjir. Setelah dua hari berturut-turut diguyur hujan lebat, tinggi permukaan air pun naik. Pintu air Manggarai, Depok, dan Karet sudah berstatus siaga 2. Status itu bisa meningkat karena curah hujan yang masih tinggi. Belum lagi kiriman air dari daerah lain.

Adi Widodo, penjaga pintu air Manggarai menyebutkan, tepat tengah malam nanti Jakarta waspada banjir. “Air akan masuk dengan merambat, dan makin meningkat. Pukul 24.00 dan 02.00 dini hari nanti akan ada kiriman air dari Bogor dan Depok,” katanya menjelaskan.

Minggu, 12 Januari 2014 malam ini, menurut Adi, tinggi air di pintu air Manggarai, Jakarta Selatan sudah mencapai 870 sentimeter. Tambahan kiriman air malam dan dini hari nanti juga akan menambah tinggi air-air yang sudah menggenangi pemukiman warga. Adi mencontohkan, di Kampung Melayu dan Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Menurut Adi, debit air di kedua pemukiman itu akan bertambah minimal satu sentimeter tengah malam nanti, bersamaan dengan masuknya kiriman air. Beberapa daerah lain juga masih berpotensi terendam banjir. Hingga kini, masih banyak jalanan yang tidak bisa dilewati kendaraan karena genangan air tinggi.

Di antaranya: Kemang, Prapanca, Bangka, Jagakarsa, Cipulir, Ciputat, Cempaka Putih, Jati Asih, Serpong, Pondok Aren, Tangerang, dan daerah-daerah lain. Rata-rata banjir mencapai 50 sentimeter hingga satu meter.

Laporan: Yoga Kuspratomo/ tvOne