Penghasilan Menggiurkan, Ibu Ini Memilih Jadi Pengemis

Putri Handayani (45) dan Neneng (8).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat.

VIVA.co.id - Pengemis yang diciduk Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Timur semalam, Putri Handayani (46), ternyata sudah lima kali diciduk petugas. Kepada para wartawan, ibu satu anak ini mengaku pernah dimasukkan ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya (PSBI) 2, Cipayung.

Pengemis Berpura-pura Buntung di Bandung Ditangkap

"Pernah masuk di sini, sekarang masuk lagi," ujarnya, Jumat, 10 Juli 2015.

Selain itu, saat mengemis di Jakarta Barat, ia empat kali tertangkap dan dimasukkan ke Panti Sosial di Kedoya. Meski demikian, ia mengaku tak kapok untuk mengais rupiah di pinggir jalan.

Pengemis yang Bawa Bayi Gunakan Lem Aibon Sebelum Beraksi

Putri mengaku kapok menjadi pedagang lantaran sering dipalak preman. Terlebih ia terpancing saat melihat para pengamen yang bisa mengumpulkan Rp2 juta perhari.

"Pernah tiga kali masuk di Panti Kedoya, tapi daripada berjualan, saya lihat pengamen malah dapat duit setas sehari (Rp 2 juta)," ujarnya menambahkan.

Anak Korban Sindikat Pengemis Sudah di Rumah Aman

Saat mengemis, Putri sering menjumpai pengendara yang iba. Apalagi saat beraksi, ia menggandeng anaknya yang berusia delapan tahun.

"Pernah dikasih pak polisi Rp200 ribu, atau juga ada yang kasih lebih," ujarnya.

Kepala PSBI, Heryanto mengaku instansinya akan mendalami lebih dulu sosok Putri. Termasuk meninjau kemungkinan menyekolahkan anak perempuannya.

"Kita dalami, dibina maunya apa. Anaknya ditaruh di panti kita sekolahkan, kami koordinasi dengan dinsos wilayah," ujarnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya