Pengorbanan Polisi Pembawa Anjing Pelacak Saat Lebaran

Bea Cukai Jerman Gagalkan Penyeludupan Hewan Langka
Sumber :
  • REUTERS / Ina Fassbender
VIVA.co.id
Kemenkumham Rekrut Anjing Mahal untuk Jaga Penjara
- Arus Mudik Lebaran 2015, Polisi hanya mengerahkan satu ekor anjing pelacak bahan peledak (Handak) di Bandara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta).

Pengamanan Maksimal di Gereja Katedral Denpasar

Anjing pelacak Handak itu berasal dari Unit Satwa Direktorat Sabhara (Ditsabhara) Polda Metro Jaya (PMJ).
Kisah Anjing Pelacak Deq, Endus Jejak Teroris Santoso


Kanit Satwa Ditsabhara PMJ, Ajun Komisaris Muhyi, mengatakan saat ini Polda Metro Jaya memang hanya memiliki dua ekor anjing pelacak Handak. Makanya hanya menaruh satu ekor di Bandara Soetta.


"Satu lagi kami tempatkan di Stasiun Gambir," ujar Muhyi ketika dihubungi. Rabu 15 Juli 2015.


Muhyi mengaku anjing pelacak Handak memang bagian paling penting saat arus mudik maupun Lebaran 2015 ini.


Karena itu lantaran hanya punya dua ekor, Muhyi benar-benar menjaga kesehatan dua anjing pelacak Handak itu. Caranya dengan melakukan sistem jaga bergantian.


Jadi, kadang Muhyi mengistirahatkan satu anjing pelacak Handak yang berjaga di Stasiun. Dan membiarkan yang seekor lainnya berjaga di Bandara Soetta.


Keesokan harinya baru bergantian yang tadinya berjaga di Soetta diistirahatkan, lalu sebelumnya beristirahat, disiagakan di Bandara Soetta.


Selain anjing Handak dari Polda Metro, di Stasiun sudah ada juga anjing Handak dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri yang jaga disana.


"Perlu dijaga kondisinya. Sebab nanti Anjing Handak ini akan patroli rutin di tempat wisata mulai Hari Raya Lebaran sampai H+7," tutup Muhyi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya