Ahok Terpana Lihat Pompa Air Terbesar di Eropa

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Amsterdam
Sumber :
  • Twitter @Basukibtp
VIVA.co.id
Ahok Sudah ke Belanda, DPRD DKI pun Mau ke Sana
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dalam kunjungan hari keduanya ke negara Belanda, mengunjungi kota pelabuhan Ijmuiden yang berada di Provinsi Belanda Utara.

Gedung di Belanda Kena Pajak Jika Biarkan Air Hujan Terbuang

Nampak dalam unggahan yang dikirimkan ke akun resmi Instagram Ahok, sapaan akrab Basuki,
Bangun Jakarta, Warga Minta Ahok Tiru Belanda
@basukibtp , Ahok ditemani Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Tuty Kusumawati, meninjau kompleks stasiun pompa Ijmuiden yang merupakan stasiun pompa terbesar di Benua Eropa.

"Berkunjung ke Ijmuiden pumping station, yang dikelola Kementerian PU Belanda, dengan kapasitas 17pompax40m3/
second
untuk melindungi Kota Amsterdan dan sekitarnya," demikian ditulis dalam unggahan tersebut seperti saat diakses pada Selasa, 22 September 2015.


Selain itu, Ahok juga mengunggah foto kunjungan langsungnya ke area terbuka stasiun pompa Ijmuiden, dan pertemuan kehormatannya dengan Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Belanda Melanie Schultz van Haegen-Maas Geesteranus.




Dalam unggahan terakhirnya, Ahok terlihat tengah mendengarkan presentasi dari pemerintah Kota Rotterdam mengenai pengembangan kerja sama
sister city
(kota mitra) antara Jakarta dan Rotterdam.


Seperti diketahui, Ahok terbang dari tanah air pada Sabtu, 19 September 2015, untuk memulai kunjungan kerja selama empat hari di Belanda.


Sebelumnya, Ahok telah mengunggah foto yang menunjukkan ia meninjau Pelabuhan Laut Rotterdam. Selain meninjau Pelabuhan Rotterdam, Ahok juga direncanakan meninjau proyek reklamasi dan gasifikasi yang telah sukses dilakukan di negeri Belanda.


Hasil dari kunjungan untuk meninjau reklamasi, akan diterapkan dalam rencana pemanfaatan Pulau O, P, dan Q di proyek reklamasi Teluk Jakarta untuk dijadikan pelabuhan laut dan pusat logistik. Sementara hasil dari kunjungan untuk meninjau proyek gasifikasi, akan diterapkan dalam rencana pembangunan instalasi incinerator atau mesin pembakar sampah di kelurahan-kelurahan di Jakarta, untuk mengubah bahan padat menjadi energi.


Ahok direncanakan untuk melakukan kunjungan di negeri Belanda selama 4 hari terhitung mulai Minggu, 20 September 2015. Pada Rabu, 23 September 2015, ia akan kembali terbang ke tanah air, tiba pada Kamis, 24 September 2015, dan mulai berkantor kembali di Balai Kota DKI pada Jum'at, 25 September 2015.


Dalam kunjungannya, Ahok membawa serta jajaran PT. Pembangunan Jaya dan PT. Jakarta Propertindo selaku BUMD milik Pemerintah Provinsi DKI yang ditunjuk melakukan sebagian proyek reklamasi dan gasifikasi di Jakarta.


Ahok, juga membawa stafnya yang memahami bidang bisnis dan hukum untuk mempelajari penerapan bisnis dan kerja sama dengan pihak swasta di proyek reklamasi daratan Belanda, kemudian mengkaji kemungkinan penerapannya di Jakarta agar tidak bertentangan dengan peraturan hukum Indonesia.


Kunjungan Ahok ini sekaligus merupakan kunjungan balasan terhadap Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb yang telah mengunjungi Jakarta sebanyak 3 kali.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya