Kawasan Mesum 'Gang Laler' Digusur

Pembongkaran Gang Laler
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) kembali melakukan penertiban. Kali ini berlangsung di kawasan Blok B1 Kemayoran, Jakarta Pusat, yang lebih dikenal masyarakat luas dengan sebutan "Gang Laler."

Daerah itu dikenal masyarakat sekitar sebagai kawasan (Pekerja Seks Komersial) PSK. Dari data yang berhasil dikumpulkan, diketahui Blok B1 ini ternyata adalah tanah milik Badan Pengelola Kawasan Kemayoran (BPKK) yang berada di antara Jalan Garuda dan Jalan Benyamin Sueb.

"Kita sudah melalui prosedur tahapan dengan benar, sosialisasi dan peringatan sudah disampaikan. Oleh karenanya tidak ada keraguan. Kita harus bisa hari ini selesaikan penertiban," kata Arifin, Wakil Walikota Jakarta Pusat, di Blok B1, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Oktober 2015.

Ia minta kepada para warga agar kooperatif, agar tidak melawan, supaya penertiban nantinya akan lebih mudah untuk dilakukan. "Kalau kooperatif, kita bantu," katanya.

Setidaknya sebanyak 553 personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Damkar hingga PLN dikerahkan guna melakukan penertiban.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, para warga sekitar  juga nampak sibuk berlalu- lalang memindahkan barang mereka yang belum dipindahkan. Barang- barang seperti kasur, peralatan masak, peralatan elektronik, mainan anak dan sebagainya terlihat mereka pindahkan.

Para warga yang sudah sekitar 3 tahun menduduki Gang Laler secara ilegal ini juga berjanji untuk tidak melawan saat ditertibkan. Bahkan, terlihat mereka membawa spanduk yang berisi komitmen bahwa mereka siap bekerjasama dengan aparat dan Pemkot Jakpus dalam pembongkaran kawasan Gang Laler.

"Mereka sudah dikasih uang kerohiman juga sama BPKK. Nggak ada alasan untuk bertahan lagi," kata Arifin.

Sampai saat ini, proses penertiban masih berjalan dengan tertib. Warga mengaku sudah menerima keputusan Pemkot Jakpus dan siap meninggalkan kawasan tersebut.

"Saya tinggal ambil mainan anak yang belum keangkut. Sisanya udah dipindahin. Sekarang ngontrak rumah di dekat Bendungan Jago,"kata Surati, salah seorang warga Gang Laler. (ren)

Tips Gaya Hidup Sehat ala Puteri Indonesia Pertama Indira Sudiro, Bisa Jaga Berat Badan Ideal

Pembongkaran Gang Laler

Kawasan Mesum 'Gang Laler' Bakal Dibangun Markas Polisi

Juga akan dikembalikan sebagai tempat penampungan PKL.

img_title
VIVA.co.id
7 Oktober 2015