Kapan Musim Hujan Sapa Jabodetabek? Ini Kata BMKG

Mengemudi saat hujan. Foto spion mobil.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake
VIVA.co.id
Jumat Siang, Hujan Disertai Petir Guyur Pendemo 4 November
- Faktor El Nino menyebabkan bencana kekeringan di sejumlah wilayah hingga kini terus terjadi. Kendati demikian, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memperkirakan hujan yang akan menyapa di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Menurut BMKG, intensitas hujan akan merata di Jabodetabek akhir Desember 2015 mendatang.
BMKG: Sebagian Besar Jabodetabek Berawan Hari Ini


"Memang untuk Jakarta wilayah selatan hingga Bogor prediksi kami akan ada potensi hujan tiga hari ke depan, namun insensitasnya masih rendah," ujar Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG, Fachri Rajab saat dihubungi wartawan, Senin, 26 Oktober 2015.


Menurut Fachri, untuk puncak musim hujan sendiri akan terjadi pada Januari tahun depan atau 2016. Pada saat itu, intensitas hujan bisa mencapai 300 milimeter perhari.


Pada tahun-tahun sebelumnya, puncak musim hujan turun sekira Oktober hingga November. Namun karena faktor El Nino, puncak musim hujan mundur hingga Januari tahun depan.


"Memang normalnya sih Oktober, hanya karena dampak El Nino yang berkepanjangan. Makanya puncak hujan akan terjadi di Januari mendatang," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya