Bocah 11 Tahun di Koja Diduga Terjangkit Flu Burung

Petunjuk ruang isolasi di RSPI Sulinti Saroso, Jakarta Utara.
Sumber :
  • Danar Dono

VIVA.co.id - Seorang anak laki laki berinisial A (11) yang merupakan warga Koja, Jakarta Utara, harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso. Dia diduga suspect flu burung (H5N1) karena mengalami demam tinggi berkelanjutan.

Demi Untung Besar, Peternak di China Jual Ayam 'Tiren'

Kepala Staf Medik Fungsional Anak RSIP Prof. Dr. Sulianti Saroso‎ Dyani Kusumowardhani mengatakan, pasien masuk ke RSPI sebagai suspect H5N1 (Avian Influenza) pada Senin, 2 November 2015. Sebelumnya A menjalani perawatan di Puskesmas Kecamatan Koja.

"Sampai saat ini belum ada hasil keluar apakah pasien tersebut positif flu burung. Saat ini kita sedang melakukan pemeriksaan menggunakan MetodeReverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR)," ujar Dyani, Rabu, 4 November 2015.

Kementan Korsel Deteksi Flu Burung pada Bebek

Menurut Dyani, saat ini pasien A kondisinya cukup stabil meski dirawat di ruang isolasi. Pasien saat ini masih dalam penanganan khusus dokter guna membuktikan kebenaran virus H5N1.

"Kita akan pantau terus kondisi pasien, untuk saat ini belum ada pemberian obat khusus. Namun gejala-gejala dari pasien memang mengarah ke ciri-ciri virus flu burung," katanya menambahkan.

Kandang-kandang Unggas Kumuh di Matraman Dimusnahkan

Dyani menjelaskan, korban akan diketahui terjangkit flu burung atau tidak setelah dilakukan pemeriksaan menggunakan PCR yang hasilnya baru didapat dua hari lagi. 

"Pemeriksaan PCR yang keluar nanti langsung dikirim Litbang untuk diverifikasi, hasilnya mungkin bisa didapat 1-2 hari kedepan."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya