Gempa Pandeglang Juga Bikin Panik Kawasan Elit Kemang

Seismograf, alat pendeteksi gempa. (Foto Ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA/Fahrul Jayadiputra

VIVA.co.id - Guncangan gempa 5,2 SR yang berpusat di bagian barat Kabupaten Pandeglang, Banten, tak hanya dirasakan warga di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara saja.

Guncangan gempa juga dirasakan warga yang berada di kawasan elit Kemang, Jakarta Selatan.

"Tiba-tiba bangku, meja, sama monitor komputer goyang-goyang lumayan kencang. Semua sampai tegang dan diam. Mungkin karena kaget jarang rasain gempa," ujar Kennieta seorang pekerja yang berkantor di kawasan Bangka, Kemang.

Kennieta mengatakan, guncangan gempa yang dirasakan ia dan teman-temannya memang tidak terlalu kencang dan hanya berlangsung tak lebih dari 10 detik.

Namun, meski demikian, Kennieta sempat panik dan berlari menyelamatkan diri keluar bangunan kantornya.

"Terasa gempa kira-kira 10 detik, tapi lumayan kencang. Terus air di gelas sempat tumpah karena karena goyangan itu. Baru kita semua lari keluar kantor," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya menyatakan, gempa berkekuatan 52, SR terjadi sekitar pukul 13.14.34 WIB, Rabu 4 November 2015.

Lokasi gempa berada di titik koordinat -6.8 lintang selatan, 105.01 bujur timur atau 88 kilometer barat daya wilayah Pandeglang, Banten.

Pusat gempa terdeteksi berada di kedalaman 10 kilometer. BMKG menyatakan, gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Meski Gempa Pandeglang Dekat Daratan, Warga Jangan Panik

(ren)

Gempa Pandeglang Terasa dari Jakarta Hingga Bandung
Peta Gempa Pandeglang, Banten

Pengunjung Mal Jakarta Lari Rasakan Gempa

Mereka merasakan gempa meski berlangsung cepat.

img_title
VIVA.co.id
28 November 2015