Sambut Banjir, Bangunan Liar di Ancol Ditertibkan

Bangunan yang dihancurkan di Ancol
Sumber :
  • Danar Dono/Viva.co.id

VIVA.co.id - Sekitar 70 bangunan liar semi permanen di jalan Ancol barat 1 dan 4 di Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara dibongkar paksa ratusan petugas gabungan, Senin 9 November 2015.

Pembongkaran yang dilakukan oleh puluhan Satpol PP ditanggapi positif oleh warga. Sebab, wilayah tersebut kerap menjadi langganan banjir.

Lurah Ancol Sumpeno mengakui, saluran air yang berada di RT 5/1 dan RT 5 dan 6‎ RW 8 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara jarang tersentuh. "Padahal. kita sudah bersurat ke Sudin Tata Air," katanya.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Menurut Supeno, pengurasan kali dengan ukuran itu, sudah seharusnya dilakukan oleh Sudin Tata Air. Sebab, pihak kelurahan tidak memiliki peralatan yang memadai. "Alat beratnya kita enggak ada. Adanya di Sudin itu," bebernya.

Sumpeno mengatakan, walaupun daerah tersebut jarang tersentuh, namun pihaknya kerap melakukan pembersihan dengan skala ringan.

"Petugas kita selalu membersihkan sampah-sampah di sana, supaya tidak mampet," katanya.

Ia berharap, agar warga yang menginginkan pengerukan lumpur dan sampah yang mengendap di saluran air tersebut bersabar. "Mungkin dalam waktu dekat sudah terealisasi, karena bangunan yang berdiri diatas saluran air tersebut sudah digusur," tuturnya. (asp)

Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016