Hadapi Banjir, DPRD Ragukan Pemda DKI

Pusat perbelanjaan cipulir banjir saat hujan deras mengguyur DKI Jakarta
Sumber :

VIVA.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta meragukan kesiapan Pemda DKI dalam mengahadapi Banjir tahun ini. Sebab, dari segi pompa penyedot banjir, masih banyak yang tidak berfungsi dengan baik.

Ketua Komisi D DPRD DKI Muhammad Sanusi mengatakan hal itu terlihat dari banyaknya titik genangan saat hujan lebat melanda Jakarta pada Sabtu lalu. Padahal, persoalan genangan merupakan tanggung jawab penuh Pemda DKI.

"Banjir itu ada dua persoalan, banjir dan genangan, kalau banjir itu terkait dengan Dinas PU dan Pemerintah Pusat, tapi kalau genangan itu seratus persen tanggung jawab DKI," kata Sanusi saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa 10 November 2015.

Menurut Sanusi, saat ini sebagian besar drainase sudah lebih rendah dari saluran sekunder, sehingga menyebabkan genangan. Namun, dari genangan yang terjadi, ternyata tidak mampu diatasi oleh Pemda.

"Genangannya kan tiap tahun itu-itu saja, pemda harusnya mampu mengatasi itu," ujar Sanusi.

Untuk itu, pihaknya meminta Pemda DKI untuk mengecek ulang kembali terkait infrastruktur pompa-pompa air tersebut, baik dari segi teknis maupun dari Sumber Daya Manusianya.

Kisah Tak Harmonis Ahok dan DPRD DKI

Menurutnya, Pemerintah masih punya waktu, setidaknya sebelum musim hujan benar-benar datang.

 Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.

Ahok Tak Yakin Risma Sindir Dirinya

Ia mengaku tak ngotot cari jabatan, melainkan didesak 'Teman Ahok'.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2016