Ahok: Jika Ada CCTV Peledakan Duren Sawit Tak Akan Terjadi

Ledakan duren sawit
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id
VIVA.co.id
Serpihan Granat yang Menancap di Korban Diserahkan ke Polisi
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyesalkan kejadian peledakan granat di gedung perkantoran Multi Piranti Graha, Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur, dini hari tadi.

Menurutnya, bila himbauannya terkait pemasangan kamera CCTV di setiap area gedung di Jakarta dipenuhi, peristiwa yang membuat kaca gedung pecah dan melukai seorang petugas keamanan itu tidak akan terjadi.

Ledakan Duren Sawit, Kapolda: 90 Persen Tak Terkait Teroris

"Kita sudah sampaikan imbauan (melalui) Polda berkali-kali," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Senin, 16 November 2015.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI di tahun 2015 menggalakkan program Jakarta Smart City. Melalui program itu pemerintah mendorong banyak pemilik bangunan di Jakarta memasang kamera CCTV.

Tubuh Korban Ledakan Duren Sawit Dipenuhi Serpihan

Pemerintah sendiri, bekerjasama dengan swasta, memasang ribuan kamera di jalan-jalan dan berbagai fasilitas umum. Setiap kamera terintegrasi dengan sistem Jakarta Smart City dan bisa diakses publik. Beberapa kamera berdefinisi tinggi bisa diakses melalui pusat kendali yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI dan Polda Metro Jaya.

Bila setiap gedung mematuhi himbauan pemasangan kamera CCTV itu, Ahok mengatakan, kepolisian akan dengan mudah melakukan penindakan terhadap pelaku pelemparan granat.

"Kita bisa ngamatin. Mau pelat nomor, mau muka orang, bisa kita lacak nanti," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya