Begal Motor Ditangkap saat Pesta di Hotel Melati Tamansari

Begal Jakarta
Sumber :
  • Bayu Nugraha Januar
VIVA.co.id
Aplikasi Antibegal Bikinan Mahasiswa ITS
- Kelompok begal asal Lampung dibekuk tim operasi personal Unit V Subdit Reserse Mobile Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Para pelaku ditangkap di sebuah hotel kelas melati di kawasan Lokasari, Jakarta Barat pada pekan lalu saat sedang berpesta.

Modus Baru Begal, Pura-pura Tersenggol Motor Korban

"Mereka ini kelompok Lampung yang tidak segan-segan melukai korbannya. Ada dua orang yang kami tangkap, sementara 4 orang lainnya masih diburu termasuk 'kaptennya' yang bernama Abu," ujar Kepala Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro, Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Eko Hadi Santoso kepada wartawan, Senin, 14 Desember 2015.
Ibu Rumah Tangga Jual Ribuan 'Pil Setan' ke Begal


Dua tersangka yang telah ditangkap yakni Herwanda alias Wan (24) dan Riski Regu (24). Sementara empat pelaku lainnya yakni Abu Curung, Majid, Jon Halim dan Yunus Mister, masih diburu polisi.


Eko menambahkan, dalam penangkapan ini, polisi mengamankan sepucuk senjata api jenis revolver rakitan, sebilah badik berikut dua unit motor dan lima buah anak kunci diamankan dari para pelaku.


Eko menuturkan, komplotan ini dalam aksinya memang membekali diri dengan senjata api rakitan. "Senjata api tersebut mereka gunakan untuk melindungi diri mereka sekaligus untuk melukai korban bila aksinya dipergoki," kata dia.


Sementara itu, Kepala unit V Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Handik Zusen mengatakan, para pelaku sudah puluhan kali melakukan kejahatan pencurian motor.


"Mereka melakukan aksinya di wilayah Jakarta, Depok dan Bekasi," kata Handik.


Terakhir, komplotan ini melakukan aksinya di Jalan Pratekan, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur pada 18 November 2015. Dalam aksinya ini, para pelaku menyisir target setiap hari.


"Setelah mendapatkan target, para pelaku membobol kunci kendaraan dengan menggunakan kunci Leter T. Motor hasil curian kemudian dijual ke penadah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya