Gerhana Matahari Total

Mitos Tubuh Rusak dan Naga Pemakan Matahari Saat Gerhana

Gerhana Matahari Total
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Ternyata, ada saja yang masih percaya mitos tentang naga menelan matahari untuk menyimbolkan fenomena alam gerhana matahari.

Antusias, Masyarakat Dinilai Makin Paham Amati Gerhana

Gunawan misalnya, warga Jakarta Pusat ini mengaku, pernah ditakuti oleh ibunya soal mitos naga pemakan matahari yang muncul di saat terjadinya gerhana matahari.

Bahkan, Gunawan menceritakan, saat terjadi matahari tahun 1983, ia sangat takut untuk keluar rumah melihat fenomena alam itu. Sebab, menurut sang ibu, cahaya matahari dari gerhana bisa menyebabkan tubuhnya rusak.

Menyaksikan Kegelapan Palembang dari Jembatan Ampera

"Ibu saya dulu saat ada GMT tahun 1983 bilang jangan lihat langsung (GMT). Katanya, bagian tubuh bisa rusak, padahal itu kan enggak benar," kata Gunawan, Selasa 8 Maret 2016.

Selain itu, lanjut Gunawan, pada saat itu, ibundanya juga berkata kalau fenomena GMT, adalah suatu keadaan di mana matahari dimakan oleh naga. Sehingga, dia dulu diminta bersembunyi di dalam rumah agar tidak dimakan naga.

Gerhana Matahari Pengaruhi Munculnya Gempa, Bagaimana Bisa?

"Kata ibu saya dulu, GMT itu adalah saat matahari dimakan sama naga jadi harus ngumpet. Karena, katanya bahaya. Matahari saja dimakan apalagi kita (manusia)," kata dia.

Perlu diketahui, Rabu 9 Maret 2016, fenomena alam gerhana matahari total akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia. (one)

Warga Makassar selfie saat terjadi gerhana matahari.

Makna Gerhana Matahari dalam Budaya Sunda

Ini bentuk kegalauan Matahari

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2016