Pengamat: Ahok Sosok yang Berani Melawan Arus

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVA.co.id – Pengamat politik Gun Gun Herianto menilai, tidak ada fenomena deparpolisasi atau niat menghilangkan partai politik terkait langkah calon Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang memilih jalur independen untuk maju dalam Pemilihan Gubernur DKI 2017.

Ahok 'Terjepit' di Antara Pilihan Sulit

Menurutnya, calon independen hanyalah sebagai langkah alternatif untuk bertarung dalam Pilkada. "Parpol itu pilar demokrasi, tetap pilar, independen ini-kan cuma entry card, kan diperbolehkan. Jadi jangan reaktif-lah parpol," ujar Gun Gun dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis, 10 Maret 2016.

Menurut Gun Gun, langkah Ahok, yang maju via jalur independen juga merupakan bagian kritik terhadap partai politik yang biasanya merekrut kandidat dalam waktu injury time.

Ahok Belum Pilih Maju Via Parpol atau Dukungan KTP

Di waktu itu, biasanya parpol cenderung melakukan transaksi dengan kandidat yang justru merusak tujuan awal pencalonan untuk mengabdi kepada rakyat.

"Harusnya partai membuka mekanisme, siapa yang mendaftar, siapa kandidat, seleksinya, itu lebih transparan ada mekanisme yang memungkinkan orang tidak dibebankan oleh sistem koalisi elit yang oligarki," katanya.

Parpol Pendukung Ahok Kaburkan Makna Calon Independen

Gun Gun pun menyebut tindakan Ahok yang memilik jalur independen sebagai langkah yang berani dan menunjukkan sikap tidak mau didikte partai. "Ini keberanian mengambil risiko, Ahok menurut saya tipikal yang berani melawan arus."

Sebelumnya, Ahok memastikan diri untuk maju via jalur Independen setelah mendapatkan dukungan dari Teman Ahok, komunitas yang mengumpulkan KTP untuk Ahok sebagai syarat untuk maju via jalur independen.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya