3 In 1 Bakal Dihapus, DKI Diharapkan Punya Solusi Lain

Lalu lintas Jakarta.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Polda Metro Jaya berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI memiliki solusi lain untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota jika aturan three in one (3 in 1) dihapuskan.

Polisi Lakukan Cara Ini ke Pengguna Mobil dan Motor saat PSBB

"Pada saat uji coba, kami berharap adanya sosialisasi dari pemerintah daerah. Kapan uji coba ini akan diselenggarakan. Lalu setelah ini dihapus, upaya dari pemerintah daerah sendiri itu nantinya bagaimana," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Risyapudin, di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis, 31 Maret 2016.

Berbagai macam pembangunan, kata dia, saat ini sedang dikebut Pemprov DKI guna mengatasi masalah kemacetan di Jakarta.  

Bank Dunia : Macet Jakarta Habiskan Rp39,9 Triliun

"Apakah memang ruas jalan yang dibangun oleh pemerintah daerah, seperti fly over, sudah menimbulkan suatu dampak yang signifikan," ujarnya menambahkan.

Selain itu, dia juga mempertanyakan kesiapan moda transportasi angkutan massal yang aman, nyaman dan memberikan jaminan keselamatan. "Ini juga harus diperhatikan," ujarnya.

Sopir M44 Mogok Massal, Kuningan-Tebet Macet Total

Pada saat uji coba penghapusan jalur 3 in 1 nanti, pihaknya  akan melihat bagaimana dampak dari kebijakan tersebut, seraya memikirkan solusi lain mengatasi kemacetan.

"Kami akan melihat apakah memang kendaraan sudah terurai dengan baik. Apakah masyarakat juga sudah beralih ke moda transportasi angkutan umum massal atau belum. Nanti kami lihat saat uji coba."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya