Peringatan May Day, Wagub DKI Ajak Buruh Olahraga

Suasana Bundaran HI saat Car Free Day.
Sumber :
  • VIVA/Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan, akan tetap berlangsung pada 1 Mei 2016. Kegiatan CFD tetap berlangsung meski pada hari yang sama terdapat peringatan hari buruh sedunia, yang diperingati setiap 1 Mei.

Ada Demo Buruh, TransJakarta Ubah Empat Rute

"CFD tetap ada, kenapa tidak" ujar Djarot di Balai Kota, Jakarta, Jumat, 29 April 2016.

Dari pada berunjuk rasa, Djarot mengimbau para buruh untuk ikut berolahraga bersama masyarakat dan melakukan kegiatan positif di arena CFD.

Calon Gubernur DKI yang Masuk Radar Golkar

"Kantor-kantor pemerintahan kan tutup, mending ikut berolahraga bersama. Kalau menyampaikan aspirasi janganlah (di CFD)," kata dia.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melarang arena CFD dipakai untuk berunjuk rasa maupun kegiatan politik lainnya. Hal itu agar tidak mengganggu warga yang hendak berolahraga.

PDIP Punya 'Senjata Andalan' untuk Kalahkan Ahok

Sebelumnya, Polda Metro Jaya bersama serikat pekerja buruh dan instansi terkait telah melakukan rapat bersama. Mereka membahas persiapan peringatan hari buruh atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2016.

Kegiatan aksi unjuk rasa ini akan berlangsung di beberapa titik, seperti Istana Negara, Mahkamah Agung, Kantor ILO, Gedung DPR-MPR RI dan puncaknya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Massa buruh yang akan turun ke jalan diperkirakan lebih dari 50.000 orang. Mereka mengusung beberapa tuntutan, seperti pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015, menolak upah murah, naikkan upah minimum 2017 sejumlah Rp650 ribu, setop kriminalisasi buruh dan aktivis sosial, setop pemutusan hubungan kerja (PHK).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya