Temukan Tebing Batu Alam, Ahok Ingin Buat Wisata Ciliwung

Gubenur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama susuri Ciliwung, Rabu, 18 Mei 2016.
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, ingin membangun wisata sungai di bantaran Sungai Ciliwung.

Setya Novanto Mendadak Puji Ahok

Keinginan itu disampaikan Ahok usai menemukan pemandangan alam yang cukup indah di tebing sekitar bantaran Sungai Ciliwung di sekitar wilayah Jakarta Timur, saat melakukan penyusuran dengan perahu.

"Saya lihat ini lebih cocok untuk wisata sungai. Dia punya tebing yang bagus," ujar Ahok, Rabu, 18 Mei 2016.

Keinginan Ahok Buat Wisata Ciliwung Mulai Terwujud

Ahok yang memiliki gelar sarjana Ilmu Geologi Universitas Trisakti, menemukan tebing batu alam berupa batuan kuat, bukan merupakan batu pasir, namun batuan sedimen yang sudah menguat.

"Orang kampung bilangnya batu cadas," ujar Ahok.

Ahok Temukan 'Hiasan' Batu Alam di Bantaran Sungai Ciliwung

Selain itu, di permukaan bagian atas batu alam itu, juga tidak ada bangunan liar. Karena temuan itu, Ahok memutuskan tidak akan mengubah bantaran berbatu alam itu, dan membiarkan kondisinya tetap alami.

"Kalau di-sheet pile Pak Iskandar (Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Teuku Iskandar), saya marah," ujar Ahok.

Ahok juga mengatakan, tidak akan melakukan normalisasi di sembilan kilometer dari total jarak 19 kilometer aliran Sungai Ciliwung yang ia susuri dari Jembatan Gedong, Kalibata, hingga Pintu Air Manggarai, atau tepatnya di sekitar kawasan Condet. Jika keinginan Ahok dikabulkan, hal itu sekaligus membatalkan wacana menjadikan Sungai Ciliwung sebagai jalur transportasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya