TNI Bersiap Gusur Pemukim di Kramat Jati

Pengosongan Rumah Dinas Oleh TNI.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Penghuni Kompleks 3 Mei, Jalan Cililitan Besar,  Kelurahan Kramat Jati, Jakarta Timur, mendadak disambangi sepuluh truk TNI, yang terlibat operasi penggusuran terhadap rumah mereka, Minggu 5 Juni 2016.

Gara-gara Geber Motor, Dua Kelompok Warga Terlibat Tawuran di Jakpus

Warga mengaku kesal dengan kehadiran TNI yang didahului oleh Pangdam dan Polisi Militer (PM). "Tadi pagi Pangdam dikawal Polisi Militer. Ini mereka (TNI) datang ramai-ramai. Mereka ada posko di depan masjid untuk keamanan warga sekitar menjelang Ramadan memang di sini," kata salah seorang warga, Ibu Ari.

Mereka menduga, kedatangan 10 truk TNI itu terkait dengan pembubaran posko mereka yang dilakukan oleh warga setempat. Pasalnya, TNI yang berjaga di posko, menurut warga tak memberi bantuan apa pun saat terjadi tawuran antara warga Komplek 3 Mei dengan dengan oknum. Warga tak bisa mengidentifikasi pelaku tawuran yang terjadi dua hari lalu.

Tiga Hari Berturut-turut Tawuran Terjadi di Kramat Sentiong

Menurut Ibu Ari, dua hari lalu terjadi tawuran warga dengan oknum yang tidak diketahui. Warga yang panik meminta bantuan aparat TNI setempat, namun TNI tidak mengambil tindakan apapun. "Nggak tahu dari mana tiba-tiba ada yang ngelemparin kita, jadinya warga tawuran. Kami ini bukan teroris, kami warga, harusnya kan mereka menjaga kami bukannya malah lari," ujarnya.

"Pas tawuran mereka justru tidur di posko, bukannya membantu warga. Sudah begitu mereka malah lari. Akhirnya ya kita gusur tempat tidur mereka, kita acak-acak poskonya. Gara-gara itu lah mereka datang mau gusur kita," kata Ibu Ari menambahkan.

Tawuran di Palmerah, Satu Toko Perlengkapan Bayi Terbakar

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memberikan surat peringatan (SP) 2 kepada warga setempat. Adapun 250 rumah warga yang akan digusur hingga saat ini belum ditindaklanjuti.

(ren)

Polisi sita sejumlah senjata tajam dari para pelaku tawuran pelajar beberapa waktu lalu. (Foto Ilustrasi)

Tawuran Berdarah di Johar Baru, Seorang Warga Tewas Dibacok

Korban IM, (51) warga asal Kampung Rawa, Johar Baru, Jakpus. Korban luka di bagian perut dan punggung.

img_title
VIVA.co.id
17 Agustus 2021