Busway di Jalan Kramat Raya Sepi Penerobos

Jalur bus TransJakarta di Jl Kramat Raya, Jakarta, tak diterobos, Selasa, 14 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Pelaksanaan sterilisasi jalur bus TransJakarta memasuki hari kedua, Selasa, 14 Juni 2016. Beberapa jalur bus (busway) tampak bebas dari kendaraan lain. Padahal tak ada petugas yang mengawasi jalur tersebut.

Panik Terjebak di Jalur TransJakarta, Pemotor Marahi Sopir

Hal itu tampak di busway yang membentang di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, tepatnya mulai dari seberang gedung Polres Metro Jakarta Pusat menuju fly over Atrium Senen.

Pantauan VIVA.co.id, Selasa, 14 Juni 2016, sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, para pengendara roda dua maupun roda empat tidak ada yang menerobos busway. Padahal, pada hari-hari sebelum sterilisasi busway diberlakukan, banyak pengendara yang masuk ke jalur bus TransJakarta itu.

Mobil Porsche Masuk Jalur TransJakarta Diselidiki Polisi

"Biasanya mah terobos busway semua. Apalagi yang mau naik fly over, supaya lebih gampang jalannya mereka lewat busway," kata Romi (33), petugas parkir sebuah toko di Jalan Kramat Raya kepada VIVA.co.id, Selasa, 14 Juni 2016.

Ketika VIVA.co.id mencoba menelusuri hingga menuju ke Jalan Gunung Sahari, tidak terlihat ada kendaraan yang berani melintasi jalur itu. 

Hampir Sepekan Sterilisasi Busway, Masih Ada yang Terobos

Sterilisasi jalur bus TransJakarta kembali diterapkan pemerintah mulai Senin, 13 Juni 2016. Hal ini dilakukan karena pemerintah telah memasang separator Movable Concrete Barrier (MCB) di koridor-koridor utama. Pemasangan MCB akan terus dilakukan di seluruh koridor.

Sterilisasi juga membuat jalur bus menjadi jalur evakuasi dan jalur darurat. Selain bus TransJakarta, kendaraan lain yang diperbolehkan melintas adalah mobil ambulans dan pemadam kebakaran, serta mobil dengan pelat nomor RI.

Dewi Persik.

Terobos Busway, Polisi Akhirnya Akui Kawal Dewi Perssik

Namun pengawalan tidak dilaporkan ke atasan.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2017