Detik-detik Tahanan Salemba Kabur

Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Aparat masih memburu Anwar alias Rijal (26), tahanan yang melarikan diri dari Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Kamis, 7 Juli 2016. Anwar diketahui kabur dari rutan dibantu istrinya, Ade Irma.

Napi Pemerkosa Pulang ke Rutan Salemba Setelah Sempat Kabur

Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta Kementerian Hukum dan HAM Endang Sudirman, menjelaskan kronologi kaburnya Anwar dari Rutan Salemba.

Sebelum kabur, menurut Endang, Anwar dijenguk oleh seorang wanita yang mengaku sebagai istrinya.

Rekonstruksi, Istri 'Ngakak' Lihat Anwar Pakai Lipstik

"Wanita itu membawa dua anak, satu berusia sekitar lima tahun, dengan dituntun dan seorang anak lagi berumur dua tahun dengan digendong," kata Endang saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa, 12 Juli 2016.

Berikut ini kronologi kaburnya Anwar:

Anwar dan Istri Kabur dari Rutan Naik Bajaj

Sekitar pukul 14.00 WIB

Seorang wanita yang mengaku istri Anwar, menjenguk Anwar. Saat itu wanita tersebut membawa dua orang anak berumur 2 tahun dan 5 tahun. Wanita itu mengisi daftar buku pengunjung dan meninggalkan KTP. Saat kunjungan, wanita tersebut memberikan baju gamis dan kerudung kepada Anwar. Baju dan kerudung itu lantas digunakan Anwar untuk menyamar.

Sekitar pukul 15.00 WIB

Wanita tersebut keluar dari rutan. Dari rekaman CCTV, wanita tersebut yang semula datang sendiri tetapi keluar dengan didampingi seseorang yang memakai baju gamis dan kerudung. Orang itu diduga Anwar. Pada saat keluar, Anwar melewati pintu keluar khusus untuk pengunjung perempuan. Anwar keluar dengan menggendong anak berusia dua tahun yang semula dibawa wanita tersebut. Dia berhasil mengelabui petugas.

Sekitar pukul 17.00 WIB

Jam kunjungan selesai. Petugas melakukan pengecekan terhadap para napi. Saat itu, hanya ada 3.468 napi dari yang seharusnya ada sejumlah 3.469. Ternyata, Anwar yang tidak ada di sana.

Sekitar pukul 19.30 WIB

Petugas kembali melakukan apel pemeriksaan para napi. Ketika itu, petugas memeriksa Blok P tempat Anwar dikurung. Namun, petugas tak menemukannya. Anwar pun dinyatakan kabur. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya