Tahanan Kabur dari Rutan Salemba Terekam CCTV

Anwar, napi yang kabur dari Rutan Salemba.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Anwar alias Rijal (26 tahun), tahanan yang melarikan diri dari Rumah Tahanan Salemba pada Kamis, 7 Juli 2016 lalu, ternyata sempat terekam kamera CCTV saat pelariannya. Dari CCTV tersebut, terlihat Anwar mengenakan kerudung dan juga gamis wanita yang dibawakan oleh istrinya Ade Irma Suryani.

Napi Pemerkosa Pulang ke Rutan Salemba Setelah Sempat Kabur

Anwar keluar melalui pintu khusus pengunjung perempuan. Untuk semakin mengelabui petugas penjagaan, Anwar menggendong seorang anak yang diperkirakan berusia 2 tahun yang sebelumnya digendong oleh sang istri.

Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta Kementerian Hukum dan HAM, Endang Sudirman, mengatakan, pihaknya memang tidak memasang CCTV di ruang tempat kunjungan napi dan penjenguk. Namun menurutnya CCTV tetap ada di pintu penjagaan.

Rekonstruksi, Istri 'Ngakak' Lihat Anwar Pakai Lipstik

"Kalau di dalam memang kita tidak memasang CCTV. CCTV hanya ada pada pos penjagaaan keluar masuk pengunjung," kata Endang ketika dihubungi VIVA.co.id Selasa 12 Juli 2016

Menurut Endang, saat itu Anwar memang memanfaatkan situasi. Di saat kunjungan ramai karena momen Lebaran, Endang memanfaatkan kelengahan para petugas penjaga.

Anwar dan Istri Kabur dari Rutan Naik Bajaj

"Kalau pengunjung pria, kita lakukan scan sidik jari dan kita perketat. Jika di wanita, hanya perlu meninggalkan KTP saja. Kita enggak sangka ternyata dia menyamar sebagai wanita dan pakai gamis," ujarnya.

Selain itu, faktor jumlah petugas keamanan juga menjadi salah satu penyebab mudahnya Anwar keluar dari Rutan Salemba. Karena petugas pengamanan Rutan Salemba hanya berjumlah 25 orang.

"Sementara waktu itu karena momennya Lebaran, jumlah pengunjung Lapas tercatat sebanyak 4.500 orang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya