Sianida untuk Mirna Juga Dipakai Zaman Hitler Bantai Yahudi

Barang bukti kasus pembunuhan atas Wayan Mirna Salihin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id - Racun sianida yang menyebabkan tewasnya Wayan Mirna Salihin juga dipakai nelayan untuk memburu ikan karang dan pembunuhan atas kaum Yahudi pada zaman Nazi pimpinan Adolf Hitler selama Perang Dunia Kedua.

Persamaan pemakaian sianida itu diungkapkan Nursamran Subandi, ahli toksikologi Puslabfor Mabes Polri di hadapan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, saat dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebagai saksi perkara kematian Wayan Mirna Salihin.

"Banyak dipakai dalam penangkapan ikan di karang laut. Ikan tidak akan mati, hanya lemas agar mudah ditangkap," kata Nursamran, Rabu 3 Agustus 2016.

Menurut Nursamran, racun sianida yang ditemukannya di dalam lambung dan sisa kopi Wayan Mirna berjeni Natrium Sianida (NaCN). Bahan kimia jenis ini sangat beracun dan mematikan ketimbang sianida jenis lainnya.

"Digunakan juga zaman Hitler untuk membunuh Yahudi," kata Nursamran.

Nursamran mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan Puslabfor, pada lambung Wayan Mirna ditemukan korosi, dan dipastikan akibat sianida. "Saya pastikan, korosi pada lambung korban karena sianida," kata Nursamran.

Nursamran merupakan saksi kedua yang dihadirkan JPU dalam persidangan kali ini. Sebelumnya, JPU telah menghadirkan dr Slamet Purnomo sebagai ahli forensik.

Jessica Stres dan Jatuh Sakit Akibat Ucapan Hakim

(ren)

Jessica Kumala Wongso

Menguak Rekaman Detik Per Detik Gerakan Mencurigakan Jessica

"Tidak ada editan objek di sana, benar adanya."

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016