Aksi Petugas Damkar Evakuasi Korban ke Atap Gedung

Kebakaran Swiss-Belhotel.
Sumber :
  • Twitter Remaldy via TMC Polda Metro

VIVA.co.id - Kebakaran terjadi di Swiss-Belhotel, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu, 7 Agustus 2016. Peristiwa ini menyebabkan dua orang meninggal dunia, tiga orang luka-luka, dan delapan lainnya shock.

"Kami tadi terima berita kebakaran pukul 5 kurang, terjadi kebakaran di Swiss-Belhotel Kelapa Gading," kata Kepala Dinas Kebakaran DKI Jakarta Subejo dalam perbincangan dengan tvOne.

Setelah itu, Subejo berkoordinasi dengan Damkar Jakarta Utara, kantor dinas, dan Jakarta Timur. Hasilnya, total mereka mengerahkan mobil pemadam kebakaran sebanyak 23 unit.

"Personel 125-an," ujar dia.

Setelah sampai di lokasi, lanjut Subejo, mereka mengetahui ada delapan orang yang terjebak. Tim lalu berbagi tugas. Ada yang memadamkan, ada pula yang melakukan evakuasi.

"Kami ada beberapa opsi. Pertama dengan helikopter, kedua dengan gondola. Terakhir menggunakan tangga kebakaran," lanjut dia.

Beberapa petugas masuk ke gedung, dan menuntun para korban yang terjebak itu naik ke atap. Selama itu, petugas juga berusaha menenangkan mereka.

Salah satu petugas Damkar, Abdul Wahid, mengakui pihaknya sempat mengusahakan bantuan heli. Tapi dalam perjalanannya, mereka susah untuk mendapatkannya sehingga akhirnya memilih menggunakan tangga.

Akhirnya, delapan pekerja bangunan yang sempat terjebak itu berhasil dievakuasi. Semua korban lantas dibawa ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading.

Sayangnya, di luar mereka, ternyata ada lima orang yang berinisiatif menyelamatkan diri. Mereka memilih menuruni gedung dengan menggunakan tali slim gondola yang berujung fatal.

"Meninggal dua, luka-luka tiga," kata Subejo lagi.

Menurut Subejo, para pekerja itu panik. Mereka terdesak oleh api dan asap yang mengepul sehingga berinisiatif menyelamatkan diri.

"Dia coba menggunakan tali slim gondola. Dua orang itu mungkin gak kuat tangan, terlepas, jatuh, ke rumah sakit, meninggal dua," tutur Subejo.

Setelah bekerja sekitar empat jam, dari pukul 17.00-21.00 WIB, petugas kebakaran akhirnya berhasil memadamkan api di Swiss-Belhotel. Kondisi berangsur-angsur kondusif, warga yang cukup banyak juga terlihat mulai pulang ke rumah masing-masing.

Kapolsek Kelapa Gading Kompol Argo Wiyono menyatakan dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik. Namun, untuk memastikan kepolisian akan mengirimkan tim labfor, besok, sembari menunggu kondisi bangunan dingin.

Proyek Dihentikan, Pekerja Hotel Swiss Bell Pulang Kampung
Swiss Bel Hotel pascakebakaran

Puslabfor Temukan Bekas Terbakar dari Arah Atas Gedung

Puslabfor akan melanjutkan pemeriksaan hari ini.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016