Pilkada Jakarta 2017

Banyak Penggusuran Jadi Kendala Pendataan DPT Pilkada DKI

Gedung KPUD DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id / Foe Peace

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta sedang melakukan pemutakhiran data pemilih untuk menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017. Pendataan akan mengalami kendala lantaran penggusuran dan relokasi warga ke tempat lain.

Jelang Pemilu 2024, Pemutakhiran Data Pemilih Capai 190 Juta

"Persoalan pendataan akan menjadi perhatian kami semua. Apalagi di DKI ini menarik sekali. Ada gusuran dan relokasi," kata Komisioner KPUD DKI Mochammad Sidik di kantornya, Jumat, 16 September 2016.

Sidik menambahkan, data yang digunakan dalam proses pemutakhiran tersebut diperoleh dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Data juga didapat dari DPT hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Cegah Pemilih 'Selundupan', PDIP Surabaya Kawal Pemutakhiran Data

Data tersebut akan mengalami perubahan karena saat ini banyak warga yang digusur dan direlokasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Sidik mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan RT/RW serta pihak kecamatan. Hal itu juga untuk memastikan apakah yang bersangkutan masih berdomisili di tempat yang sama atau tidak.

"Ini kami akan cek, supaya tidak ada lagi KTP ganda. Apalagi Pemprov (Pemerintah Provinsi DKI) kan mengatakan akan terus melakukan penggusuran," ujarnya.

Akurasi Data Pemilih Pilkada 2018 Dinilai Belum Optimal
Konferensi pers mengenai hasil pemantauan Bawaslu RI terhadap tahapan pendaftaran dan verifikasi administrasi serta verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2024, di Media Center Bawaslu RI, Jakarta, Kamis, 15 Desember 2022.

Tahun 2023 Tak Ada Lagi Isu Penundaan Pemilu, Kata Ketua Bawaslu

Bawaslu RI mengingatkan KPU agar membuka seluruh proses tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 kepada masyarakat. Tak ada lagi isu penundaan pemilu pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2023