Cerita Ahok, Pernah Disebut Penyebab Tuhan Turunkan Azab

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pernah disebut bisa jadi penyebab Tuhan menurunkan azab kepada umat manusia. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), azab artinya siksa Tuhan yang diganjarkan kepada manusia akibat melanggar larangan agama.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, pada tahun 2007, ia diserang kampanye negatif  dengan isu azab berupa tsunami bisa terjadi di provinsi Bangka Belitung jika warga Babel memilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Babel 2007. Ahok saat itu sedang berpartisipasi sebagai calon Gubernur dalam Pilkada yang bertujuan memilih Gubernur Babel periode 2007 - 2012. Tsunami yang akan terjadi diisukan akan sedahsyat tsunami Aceh 2004.

"Menuduh, di selebaran itu tahun 2007, seolah-olah tsunami itu kayak dosa. Kalau pilih Ahok akan seperti itu (terjadi tsunami seperti di Aceh)," ujar Ahok, berbicara kepada para pendukungnya di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Desember 2016.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Menurut Ahok, isu terkait Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA) memang rentan menyasar dirinya, seorang politisi dengan latar belakang agama Kristen Protestan serta keturunan bangsa Tiongkok. Dua latar belakang itu bukan merupakan latar belakang mayoritas rakyat Indonesia.

Pada saat ini, menurut Ahok, isu SARA juga digunakan untuk menyerangnya yang maju di Pilkada DKI 2017 sebagai calon Gubernur. Ahok, yang sudah menjadi tersangka, dituduh menistakan agama Islam terkait pernyataannya yang menyinggung ayat 51 surat Al Maidah, surat dalam kitab suci umat Islam, Al Quran, saat berdialog dengan warga Kepulauan Seribu pada 27 September 2016.

PDIP Rayakan Imlek, Hasto Kenang saat Usung Ahok Jadi Cagub DKI

"Menggunakan (isu) Al Maidah, bilang enggak boleh pilih Gubernur segala macam," ujar Ahok.

Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Ahok berharap, subsidi BBM yang diberikan Pemerintah dievaluasi dari yang tadinya ke produk, jadi langsung ke penerima.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2022