Sandiaga: Dana Kampanye Paling Besar untuk Buat Kaus

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.
Sumber :
  • ANTARA/ Hafidz Mubarak A.

VIVA.co.id – Pasangan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno telah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi DKI Jakarta, Selasa 20 Desember 2016.

Relawan Tak Tolak Partai Pendukung Amin Bergabung Koalisi Prabowo-Gibran

Total dana sumbangan kampanye yang masuk ke dalam rekening Anies-Sandi sebesar Rp35,6 miliar. Mayoritas sumber dana tersebut berasal dari sumbangan pasangan calon, yakni Sandi Rp34 miliar sementara Anies Rp400 juta, Partai Gerindra Rp750 juta dan PKS Rp350 juta. Sedangkan sisa saldo terakhir dana kampanye tersebut yakni Rp7 miliar.

Sandiaga mengatakan, untuk pengeluaran dana kampanye yang paling banyak yakni untuk bagian logistik, terutama pembuatan perangkat kampanye, seperti kaus, spanduk dan sebagainya.

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

"Model kampanye uang paling banyak mengeluarkan dana itu mencetak kaus, logistik," kata Sandiaga Uno di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 22 Desember 2016.

Sementara terkait dana kampanye untuk operasional dari kegiatan para relawan, Sandi mengatakan tidak teralu banyak. Meski kegiatan relawan yang dipimpin langsung oleh Boy Sadikin serta tim pemenangan lainnya terbilang cukup banyak.

Cak Imin Terbuka Bila Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta Lewat PKB, juga Siapkan Ida Fauziah

"Kalau yang dilakukan oleh Pak Boy (ketua relawan) dan relawan itu tidak terlalu banyak menyerap dana. Tapi yang paling banyak ya kaos, spanduk," ucapnya.

Sandiaga Uno yang dikenal mempunyai jadwal paling banyak blusukan ke warga ini juga mengatakan, untuk kegiatan kampanye menyapa dan bertemu dengan warga juga tidak terlalu signifikan menyerap dana.

"Kegiatan-kegiatan ketemu masyarakat sih enggak terlalu signifikan," ucapnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya