Sebagian Jakarta Masih Banjir, Ini Penyebabnya

Wagub Djarot Temui Pedagang Kaki Lima
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengakui program normalisasi sungai di Jakarta belum selesai. Beberapa titik belum dilakukan pengerukan dan belum dipasangi dinding turap atau sheet pile. Akibatnya beberapa wilayah masih digenangi banjir akibat luapan sungai Ciliwung.

Petakan Wilayah, BPBD DKI Sebut Ada 100 RW Rawan Banjir

"Saya sampaikan di Cipinang Melayu itu masih tergenang karena sheet pile nya masih belum selesai," kata Djarot di Kelurahan Makassar, Jakarta Timur, Minggu 19 Februari 2017.

Menurutnya, pembangunan dinding turap sheet pile akan dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara Pemprov DKI Jakarta bertanggungjawab atas pembebasan lahannya.

Akhirnya, Warga Jakarta Bakal Punya Wagub Maret Nanti

Djarot mengakatan sebagian besar lahan di bantaran sungai saat ini telah dibebaskan. Pembangunan sheet pile sendiri baru akan dilakukan setelah musim penghujan usai.

"Maka langkahnya sementara kita pasang tanggul dari tumpukan pasir, baru setelah kalau enggak hujan, baru bisa kita pasang sheet pile. Sebab, kalau kita bangun sekarang ya percuma, akan bisa dihanyutkan oleh air," kata dia.

Prediksi Cuaca Buruk 12 Januari, Ini Tips Antisipasi Jika Banjir Lagi

Ditargetkan normalisasi dan pemasangan dinding turap tersebut selesai dilakukan sebelum akhir tahun. Beberapa titik yang akan dikerjakan yaitu di Bidara Cina dan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.  

"Paling tidak tahun depan, itu sudah sangat berkurang banjirnya," ujarnya.

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024