Cerita Lain soal Makam Mbah Priok

Makam Mbah Priok
Sumber :

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meresmikan makam Mbah Priok sebagai cagar budaya yang dilindungi undang-undang. Sebab, ia menilai makam Mbah Priokita lain. Makam ini sangat berpotensial untuk tempat ziarah dalam negeri dan luar negeri.

Penyerangan Makam Mbah Priok Hoax, Adanya Ribut Parkiran

"Bisa sampai 10 ribu-15 ribu peziarah per minggu, makanya bagi kami ini adalah tempat destinasi wisata religius yang baik. Bukan dibuat-buat memang sudah puluhan tahun, bahkan dari luar negeri juga datang," ujarnya di makam Mbah Priok, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Sabtu 4 Maret 2017.

Habib Abdullah Sting Alaydrus, pengelola dan ahli waris makam Mbah Priok saat mendampingi Ahok, ikut membantu jawaban yang dimaksud peziarah dari luar negeri. Kata dia, ada yang dari Jepang, Rusia, Prancis, Jerman, Belanda dan Dubai.

Naungan Baru Mbah Priok

Maka dari itu, Ahok menginginkan tempat ini harus diselesaikan setelah peristiwa tujuh tahun yang lalu. "Masa tempat ini di biarkan, setelah kita ukur ternyata 3,4 hektare. Tempat ini harus disertifikasi atas nama yayasan Mbah Priok," ujarnya.

Kata dia, jika sudah disertifikasi sebagai cagar budaya, sudah tidak ada lagi yang berani merebut makam ini. Menurutnya, siapa pun tidak bisa merebut atau menjual, apa lagi ini sudah ditetapkan sebagai kawasan yang diberlakukan seperti situs cagar budaya dan itu dilindungi.

Ahok: Penetapan Cagar Budaya Mbah Priok Tak Politis
Capres Prabowo Subianto menghadiri Haul Kubro ke-263 Mbak Priok.

Hadiri Haul Mbah Priok, Prabowo Ogah Kampanye

Capres dilarang menggalang dukungan di tempat ibadah.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2018