Soal Modal UMKM, Ahok Minta Pengusaha Buka Rekening Bank

Lokasi debat Pilkada DKI putaran kedua di Hotel Bidakara, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad.

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menawarkan kepada pengusaha usaha mikro kecil dan menengah, atau UMKM, untuk mendaftarkan diri ke bank milik Pemerintah Daerah, agar mendapatkan keringanan modal. 

Debat Pilkada Depok, Pradi Sebut Jagoan PKS Bicara Tak Sesuai Fakta

Hal itu dikatakan Basuki, atau biasa disapa Ahok, ketika menanggapi pertanyaan komunitas yang berasal dari UMKM. Perwakilan UMKM mengeluhkan sulitnya permodalan ketika menjalankan usaha. 

"Mungkin, bapak ibu ingat, dua tahun terakhir kami mendorong, agar membuka rekening bank. Kenapa, dalam rangka arus kas usahanya terlihat," kata Ahok dalam debat yang diselenggarakan KPU DKI di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu 12 April 2017. 

Debat Pilkada, Siti Nur Aziza Sebut Tata Kota Tangsel Semrawut

Sebagai kandidat petahana, ia menyebut keengganan para pengusaha membuka rekeningnya di Bank DKI. Ia mencatat, dari anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp1 triliun tiap tahun, baru Rp300 miliar terserap. 

"Kami juga telah membebaskan BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan). Aset bapak ibu, punya sertifikat tanpa bayar. Untuk apa, ya permodalan," katanya.

Debat Pilkada, Gibran Beberkan Strategi Bangkitkan Ekonomi Solo

Lebih lanjut, mantan Bupati Belitung Timur itu menyebutkan, dengan terdaftarnya mereka di Bank DKI, pemerintah juga memberikan insentif dari permodalan yang diberikan. 

Dari permodalan UMKM, pihaknya juga menerapkan program bagi hasil, yaitu pengusaha 80 persen sedangkan pemerintah mendapatkan 20 persen. "Syarat kami, minta tolong uangnya dimasukkan ke bank. Yang penting, arus kas," ujar dia. (asp)

Debat calon wali kota dan wakil wali kota Depok 2020.

Calon Wali Kota Depok Pradi Supriatna Ingin Bangun Museum Kota

Pradi mengatakan Kota Depok banyak bangunan-bangunan bersejarah peninggalan zaman Belanda, namun tidak dimaksimalkan.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2020