Dekorasi 'Go Green' pada Perayaan Paskah di Gereja Katedral

Perayaan Paskah di Gereja Katedral, Jakarta
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Ada yang menarik dari perayaan paskah di Gereja Katedral, Jakarta Pusat pada Minggu 16 April 2017. Kali ini tema dekorasi perayaan paskah adalah Go Green dan Re-Cycle. Ternyata, ini memang menjadi himbauan dari pemimpin tertinggi Katolik di Vatikan, Paus Fransiskus.

Ribuan Warga Yahudi Israel Memaksa Masuk dan Gelar Ibadah di Masjid Al-Aqsa

Karena himbauan ini, panita perayaan paskah di Gereja Katedral menggunakan bahan-bahan dekorasi yang ramah lingkungan. Beberapa barang bekas juga dimanfaatkan demi terwujudnya lingkungan yang lebih baik. Penggunaan bahan plastik dan styrofoam dibatasi.

Humas Keuskupan Agung Gereja Katedral, Susyana Suwadie mengatakan, rangkaian dekorasi paskah ini temanya Go Green sama seperti tahun kemarin. Menurut dia, dekorasi ini bertujuan agar umat bertobat dan lebih peduli pada makhluk hidup lainnya, dan alam semesta.

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah

"Bahan utama dekor tahun ini batang kayu untuk salib utama, papan kayu bekas dan kombinasi bahan flexi untuk tanda petunjuk arah. Sedangkan backdrop Taman Getsemani, Gerbang Paskah dan Photo Emaus, dari cangkang telur yang diwarnai, serta kertas untuk burung dan ranting kering," katanya.

Untuk tema perayaan Paskah sendiri mengusung ‘Amalkan Pancasila, Makin Adil Makin Beradab’. Dalam surat gembala masa pra-paskah 2017, Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Ignatius Suharyo mengingatkan kembali agar mengamalkan Pancasila yang juga jadi Arah Dasar (Ardas) Keuskupan Agung 2016-2020.

Ribuan Orang Ikut Pawai Paskah di Jerman, Serukan Perdamaian untuk Ukraina dan Palestina

Susyana Suwadie menambahkan, pada hari Minggu Paskah ini rangkaian ibadahnya ada dua yakni misa pontifikal dan misa keluarga. Kata dia, misa pontifikal berlangsung pukul 09.00 dihadiri 5.000 jemaat.

"Melalui tema yang selaras dengan sila kedua Pancasila yaitu Kemanusian Yang Adil dan Beradab. Gereja KAJ mengajak kita untuk merenungkan apakah keadilan sudah dinikmati oleh segenap masyarakat kita," katanya.

Dia menjelaskan, dalam tema ini mengandung ajakan agar jemaat dapat menunjukkan dan juga menumbuhkan sikap makin adil dan makin beradab pada sesama sebagai bagian dari upaya mengamalkan Pancasila dengan iman dan teguh. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya