Ahok: Revitalisasi Kota Tua Pakai Dana Kewajiban Pengembang

Kapal tradisional Phinisi Pelabuhan Sunda Kelapa bocah anak-anak
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mulai mencanangkan revitalisasi kawasan Kota Tua, Jakarta.

Anies: Mal di Jakarta Dibuka Kembali 15 Juni

Bekerja dama dengan konsorsium swasta sebagai pemenang proyek, Ahok mengatakan revitalisasi selesai dalam lima tahun ke depan, dan dibiayai oleh dana kompensasi kewajiban pengembangan.

"Masalah Kota Tua memang butuh waktu. Kita bisa bereskan cepat saya kira dalam lima tahun beres, dengan kewajiban pengembangan ini lebih mudah dilakukan," kata Ahok di Kota Tua, Jakarta, Minggu 16 April 2017. 

Presiden Depok Lawyer's Club Kritik Surat Gubernur DKI soal SIKM

Menurutnya, nanti kawasan Kota Tua akan terintegrasi dengan daerah wisata sekitarnya seperti pelabuhan Sunda Kelapa, Masjid Luar Batang, serta perkampungan nelayan Muara Angke. Langkah awalnya yaitu melebarkan trotoar jalan di lokasi-lokasi tersebut. 

"Kita harus menyiapkan trotoar yang baik, sampai museum bahari, masjid luar batang, kita harus rapikan," ujarnya. 

Gak Sepakat Istilah Normal Baru Pempus, Anies: Wong Masih Ketemu Kasus

Ke depannya, kata Ahok, pelabuhan Sunda Kelapa juga akan dikhususkan bagi kapal wisata. Sementara kapal pengangkut peti kemas akan di pindah ke pulau Reklamasi O, P, Q yang rencananya akan dibuat di sekitar Tanjung Priok. 

"Kita kerja sama dengan Pelindo, kita harapkan peti kemas tidak main di Sunda Kelapa. Tapi di sana semua (pulau O,P,Q). Sunda kelapa harus jadi tempat sandar kapal wisata ke Kepulauan Seribu atau wilayah Indonesia lainnya," ujar dia. 

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

Ahok Blak-blakan Bandingkan Gaji Komut Pertamina dan Gubernur DKI

Gubernur DKI dapat Rp7 juta per bulan, Komut Pertamina Rp170 juta

img_title
VIVA.co.id
28 Juni 2020