Sebagian Jabodetabek Jumat Siang Berpotensi Hujan Petir

Ilustrasi hujan lebat.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Kepulauan Seribu pada Jumat, 5 Januari 2018.

BNPB: 67 Orang Meninggal, 20 Hilang, dan 44 Luka-luka Akibat Banjir Lahar Dingin di Sumbar

Dikutip dari laman Bmkg.go.id, secara umum cuaca Jakarta dan sekitar berawan sepanjang hari ini. Namun ada dua wilayah, yaitu Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, yang diprakirakan hujan deras disertai sambaran petir pada siang nanti. Berikut ini rinciannya.

Kawasan Jakarta Barat berawan pada pagi, hujan lokal saat siang, dan berawan waktu malam dan dini hari. Jakarta Timur berawan saat pagi, hujan petir ketika siang, dan berawan pada malam dan dini hari. Jakarta Pusat berawan kala pagi, hujan lokal saat siang, kemudian berawan waktu malam dan dini hari.

Hujan Berpotensi Turun di Dua Wilayah Jakarta Hari ini

Jakarta Selatan diprakirakan berawan saat pagi, hujan petir waktu siang, dan berawan kala malam dan dini hari. Jakarta Utara berawan waktu siang, hujan lokal pada siang, lalu berawan ketika malam dan dini hari. Kepulauan Seribu berawan sepanjang pagi sampai dini hari.

Kota Bogor di Jawa Barat diramalkan cerah berawan saat pagi, hujan ringan kala siang, kemudian berawan ketika malam dan dini hari. Kawasan Depok di Jawa Barat cerah berawan pada pagi, hujan ringan ketika siang, lalu berawan saat malam dan dini hari.

Gempa M 5,4 Guncang Kepulauan Seribu, Tak Berpotensi Tsunami

Kawasan Tangerang di Banten hujan lokal pada pagi dan siang kemudian berawan kala malam dan dini hari. Wilayah Bekasi di Jawa Barat cerah berawan waktu pagi, hujan ringan ketika siang, dan berawan saat malam dan dini hari.

BMKG juga memperingatkan agar masyarakat mewaspadai potensi hujan disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur pada siang sampai menjelang malam. (ren)

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menganalisis peta sebaran aliran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi dalam rapat koordinasi penanganan dampak bencana banjir lahar dingin di Bukittinggi, Sumatra Barat, Rabu, 15 Mei 2024.

Kepala BMKG Ingatkan Sumatra Barat Harus Segera Miliki Sistem Peringatan Dini Banjir Bandang

BMKG meminta Sumatra Barat segera memiliki sistem peringatan dini bencana banjir bandang ataupun lahar dingin Gunung Marapi yang sangat rawan melanda daerah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024