Cerita Auditor BPK, 11 Kali Ganti Mobil

Kepala Sub Auditorat III Auditorat Keuangan Negara BPK Ali Sadli di Tipikor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Kepala Sub Auditorat III Auditorat Keuangan Negara BPK, Ali Sadli, mengklaim pernah 11 kali ganti mobil. Dari mobil kelas menengah sampai mobil mewah, pernah digunakan oleh Ali.

DPR Ungkap Kriteria Calon Auditor BPK

Hal itu dikatakan Ali saat memberikan keterangan sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat, 2 Februari 2018.?

"Memang mobil-mobil ini yang mulia, bukan semua saya beli langsung, gonta-ganti. Bahkan sampai 11 kali ganti," kata Ali.

Risiko Salah Urus Anggaran COVID-19, BPK: Korupsi Hingga Pemborosan

Menurut Ali, pada 2014 ia pernah membeli Honda Jazz IDSI. Kemudian, mobil itu diganti dengan Honda Jazz Vtec.

Ali mengganti Honda Jazz dengan Suzuki Grand Vitara 2006. Setelah itu, mobil dijual dan diganti Honda CRV 2011. "Setelah itu saya mencicil Honda Accord," kata Ali.

Alasan Deputi Penindakan KPK Sambut Ketua BPK saat Diperiksa

Setelah itu, Ali menggantiya dengan Mazda 6. Kemudian, dia mengganti dengan Mercedes Benz A45.

Ali juga pernah membeli Honda Freed, Nissan Serena, Ford Focus dan Mini Cooper, Toyota Vellfire dan Jeep Wrangler Rubicon.

Dalam persidangan, Ali mengaku pendapatannya dari BPK sejak 2010 hingga 2017 sebesar Rp2,2 miliar. Jumlah itu belum termasuk honor perjalanan dinas dan pendapatan lain di luar gaji pokok.

Ali Sadli diduga menyamarkan uang yang diperoleh dari gratifikasi. Uang senilai lebih dari Rp10 miliar diubah bentuk menjadi berbagai aset. Hal itu terungkap dalam surat dakwaan jaksa KPK yang dibacakan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 18 November 2017.

Beberapa aset yang dipakai untuk menyamarkan berupa kendaraan mewah. Menurut jaksa KPK, pembelian aset tersebut diduga sebagai upaya untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul harta kekayaan.

Tujuannya supaya harta kekayaan yang berasal dari gratifikasi, seolah-olah bukan dari suatu kejahatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya