Kecelakaan Proyek, Anggota DPR Panggil Kontraktor

Tiang Pancang yang Roboh di Tol Becakayu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA –  Anggota Komisi V DPR Hamka B Kady meninjau lokasi insiden ambruknya bagian konstruksi proyek tol Becakayu (Bekasi, Cawang, Kampung Melayu), di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur.

Berkas Perkara Pembunuhan di Kolong Tol Becakayu Diserahkan ke Kejari Jakpus

Menurut Hamka, kecelakaan kerja di proyek infrastruktur ini bukanlah hal yang pertama kali. Dalam catatannya, setidaknya ada tujuh kejadian kecelakaan kerja proyek infrastruktur.

"Pertama kami dari DPR cukup prihatin melihat kejadian ini. Yang menjadi catatan kami adalah peristiwa ini sudah berulang-ulang yang ketujuh kalinya," kata Hamka di lokasi kejadian, Selasa 20 Februari 2018.

Hamka melanjutkan, rata-rata kejadian kecelakaan kerja terjadi pada pagi hari. Hal itu yang membuat persoalan ini perlu dibenahi dan ditinjau kembali mekanisme dan keselamatan kerja.

"Karena bekerja pada malam hari ini jauh lebih menimbulkan kelelahan dibanding siang hari. Oleh karena itu perlu pengawasan yang ketat. Nanti dalam waktu singkat ini, saya panggil semua kontraktor dan pengawas untuk menjawab di mana letak masalahnya," katanya.

Tinjau Urban Farming di Kolong Tol Becakayu, Heru Budi: Perlu Dikembangkan

Lebih lanjut, ia pun sudah mendengar pernyataan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR) yang ingin menghentikan sementara seluruh proyek di Indonesia. Dalam proses tersebut, ia meminta setiap kontraktor memerhatikan keselamatan kerja di atas segalanya.

"Jangan dipaksakan lembur yang menyebabkan kelelahan tingkat tinggi itu pada malam hari. Kelelahan itulah yang menyebabkan lalainya seseorang, bukan kesalahan teknisnya, lalai saja," katanya.

Polisi Pastikan Rudolf si Pembunuh Icha Tak Idap Gangguan Jiwa

Terkait dengan maraknya kecelakaan kerja proyek infrastruktur, ia pun menuturkan akan menjadi evaluasi dan perhatian di Komisi V. Nantinya, pihaknya akan melihat siapa yang bertanggung jawab dalam kejadian ini. "Kita lihat masalahnya nanti. Kita kembalikan ke aturan main siapa yang bertanggung jawab sepenuhnya," ucapnya.

Ke depan, ia pun berharap agar pihak kontraktor memperhatikan pengawasan pekerjaan dan amdal serta lalu lintas dalam suatu proyek. Sebab, selama ini pekerjaan proyek dilakukan malam hari dengan alasan menghindari kemacetan. (one)

Kecelakaan di Tol Layang Becakayu, mobil terbalik dan terbakar

Mobil Terbakar di Tol Becakayu, Asap Seperti Tersenyum Jadi Sorotan Warganet

Mobil Mazda 6 terbakar saat melintas di Tol Layang Becakayu, Jakarta Timur, Sabtu, 21 Oktober 2023. Asap dari api yang membakar mobil tersebut jadi sorotan warganet.

img_title
VIVA.co.id
23 Oktober 2023