KPK Sudah Terima Nama Pengganti Heru Winarko

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Basaria Panjaitan mengatakan, institusinya sudah menerima nama-nama calon pengganti Irjen Heru Winarko sebagai Direktur Penindakan KPK. Nama-nama tersebut, berasal dari Polri dan Kejaksaan.

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

"Sudah ada dari kejaksaan. Sudah ada dari Kepolisian," kata Basaria di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Jumat 2 Maret 2018.

Namun, Basaria mengaku lupa nama-nama siapa saja yang berpotensi menjadi Direktur Penindakan KPK yang baru. Ia pun berharap, dalam waktu seminggu sudah menemukan pengganti Heru.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Saya lupa namanya. Nama-nama ini dikomunikasikan terlebih dahulu oleh KPK, supaya siap melakukan pergantian sebagai ganti beliau. Dalam waktu seminggu ini segera diproses, nanti kita harapkan akan segera dapatkan penggantinya," katanya.

Untuk proses pemilihan, lanjut Basaria, KPK akan melakukan proses lelang. Nantinya, setiap nama akan diuji dan melihat latar belakang apakah cocok nama tersebut menjabat sebagai Direktur Penindakan KPK.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

"Nanti kita lihat latar belakangnya, apakah bisa melakukan sebagai Deputi Penindakan. Itu kan syaratnya banyak. Jadi, tidak tutup kemungkinan siapa aja bisa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, instansinya belum mengetahui siapa saja nama-nama dari Polri yang melakukan proses lelang jabatan menjadi Direktur Penindakan KPK.

"Belum tahu saya (namanya). Itu kan terbuka. Biasanya, KPK akan beri informasi ke Polri bahwa akan ada open bidding eselon satu. Maka, siapa yang memenuhi syarat dan berminat ke sana diberi kesempatan," katanya.

Untuk diketahui, Irjen Pol Heru Winarko yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penindakan KPK dilantik menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional oleh Presiden Joko Widodo. Heru menggantikan Komjen Pol Budi Waseso yang memasuki masa pensiun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya