Ini Menara Masjid Al-Aqsha Sentani yang Dituntut Dibongkar

Masjid Al-Aqsha di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Persekutuan Gereja-gereja di Kabupaten Jayapura (PGGJ) menuntut pembongkaran menara Masjid Al-Aqsha di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Meski Beda Agama, Ini Momen Mikha Tambayong dan Deva Mahenra Rayakan Lebaran Bersama

Dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan, PGGJ beralasan menara dari masjid yang telah dibangun selama satu tahun itu lebih tinggi dari bangunan-bangunan gereja yang banyak ada di Sentani.

Dari foto yang didapat VIVA pada Sabtu, 17 Maret 2018, terlihat bangunan masjid, juga menara, masih dalam tahap pengerjaan. Meski begitu, kubah masjid telah berdiri tegak dan megah dengan ornamen Islam berwarna emas dan hijau.

10 Kota Intoleran di Indonesia, Kota Terkenal Ini Masuk ke Daftar

Masjid Al-Aqsha di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Sebuah bendera merah putih ditancapkan di puncak menara yang sedang dibangun. Masjid berada di pinggir jalan dan berdekatan dengan sebuah SPBU, juga warung-warung makan kaki lima.

Prabowo Hadiri Natal Nasional di Surabaya Bareng Jokowi, Masyarakat Antusias Minta Selfie

Bila dilihat di bukit di Sentani, bangunan masjid dan menaranya tampak menonjol karena tidak ada lagi bangunan yang setinggi itu. Gereja yang letaknya tidak terlalu jauh dari masjid juga terlihat lebih sederhana dibanding masjid yang megah.

Masjid Al-Aqsha di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Sebelumnya, Ketua Umum PGGJ, Pendeta Robbi Depondoye, menyampaikan pembongkaran harus dilakukan selambat-lambatnya pada 31 Maret 2018, atau 14 hari sejak tuntutan resmi diumumkan hari ini. PGGJ juga sudah menyurati unsur pemerintah setempat untuk menyelesaikan masalah sesuai aturan serta cara-cara persuasif.

Cara lain akan ditempuh jika dalam 14 hari, belum ada titik temu penyelesaian masalah. Robbi mengaku belum mau mengungkap maksud cara lain yang ia sampaikan.

"Kalau tidak mendapat tanggapan, maka jelas, dari apa yang menjadi keresahan masyarakat, ada langkah sendiri yang akan dikirim PGGJ. Kita masih memiliki cara lain. Ada cara lain yang akan kita lakukan. Tapi kita mengawalinya dengan, marilah kita gunakan cara-cara santun dulu," ujar Robbi.

Baca juga:

Melebihi Gereja, Menara Masjid Al-Agsha Sentani Dituntut Dibongkar

Persekutuan Gereja di Papua Juga Persoalkan Suara Adzan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya