Kapal 29 Penumpang Tenggelam Dihantam Ombak di Demak

Tim Basarnas Jawa Tengah selamatkan korban
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA – Sebuah kapal yang membawa 29 nelayan tenggelam setelah diterjang ombak di perairan kecamatan Wedung Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis, 22 Maret 2018. Dua nelayan dikabarkan hilang hingga saat ini.

Setiap Hari Ada Kecelakaan, Tol Tangerang Merak Masuk Dalam Kategori Rawan

Menurut Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin Muchlisin, kapal nahas tersebut adalah KM Bintang Sinar Rejeki. Kapal motor tersebut membawa 29 anak buah kapal dengan rute Pekalongan-Banyuwangi dengan nahkoda bernama Kasdu (42 tahun). Kapal tersebut berangkat pada Rabu, 21 Maret 2018 sekitar pukul enam sore.

"Kapal nelayan itu awalnya mengalami trouble engine mati mesin diperairan Demak setelah dihantam ombak, " jelas Noer.

Identitas 8 Turis Asing yang Terombang-ambing di Laut Mentawai

Saat diterjang ombak, kerusakan kapal tersebut berada di sisi lambung kiri sehingga air laut masuk ke dalam kapal. Setelah itu, kapal terombang-ambing di perairan dan tenggelam sekitar pukul 14.30 WIB.

Setelah dilaporkan tenggelam, 10 ABK kemudian diselamatkan dengan dua perahu yakni perahu Pailus dan dibawa ke TPI kabupaten Jepara. Sedangkan, 17 ABK dapat di evakuasi keadaan selamat oleh kapal Jasa Samudara di perairan Karimun Jawa.

Tugboat dan Kapal Nelayan Tabrakan di Selat Bangka, Satu Orang Hilang

"Saat ini masih ada dua ABK yang masih hilang. Masing-masing bernama Sutopo dan Bahrudin," kata Noer.

Untuk mencari korban hilang, tim Basarnas Jateng telah memberangkatkan KN Sadewa dan Rigid Inflatable Boat. Saat ini ketinggian gelombang perairan Laut Jawa telah mencapai 2 meter. Sementara, cuaca Peraiaran Jepara saat ini tertutup awan mendung.

Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Sedikitnya lima orang tewas dan seorang awak kapal terluka pada hari Kamis, 24 Februari 2024 ketika sebuah kapal kargo menabrak sebuah jembatan di wilayah Cina selatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024