Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal
Sumber :
  • Istimewa

China – Sedikitnya lima orang tewas dan seorang awak kapal terluka pada hari Kamis, 24 Februari 2024 ketika sebuah kapal kargo menabrak sebuah jembatan di wilayah Cina selatan, dan berhasil membelah jembatan itu menjadi dua, hal ini sebagaimana demikian dilaporkan media pemerintah Cina.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Dilansir dari Al Jazeera, Jumat, 23 Februari 2024, Pusat pencarian dan penyelamatan maritim di Guangzhou mengatakan bahwa dua kendaraan jatuh ke dalam air dan tiga lainnya mendarat di atas kapal setelah menabrak Jembatan Lixinsha di bagian selatan kota di Delta Sungai Pearl, menurut akun Weibo resmi Distrik Nansha Guangzhou.

Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Photo :
  • Istimewa
NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Di antara kendaraan-kendaraan tersebut terdapat sebuah bus yang pengemudinya merupakan satu-satunya orang di dalamnya, operator bus, Guangzhou Bus Group, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh media pemerintah.

Tidak jelas apakah sopir tersebut termasuk di antara korban tewas. Sebuah foto yang dipublikasikan di media pemerintah menunjukkan sebuah bus yang tampaknya telah mendarat di atas kapal.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Enam penyelam scuba dan sebuah kapal penyelamat dikirim ke tempat kejadian, kata para pejabat, menurut media pemerintah.

Pada tahun 2021, departemen transportasi di Provinsi Guangdong, yang beribukota di Guangzhou, setuju untuk menerapkan langkah-langkah antitabrakan pada kolom penyangga jembatan, demikian menurut lembaga penyiaran pemerintah China Central Television.

Pekerjaan itu dijadwalkan selesai pada tahun 2022 tetapi ditunda hingga tahun 2023, dan kemudian hingga Agustus 2024, tanpa ada alasan yang diberikan untuk penundaan tersebut, demikian yang dilaporkan oleh lembaga penyiaran itu.

Perlu diketahui, foto-foto dramatis setelah kejadian tersebut menunjukkan jembatan terbelah menjadi dua dengan kapal besar yang hancur diam di bawah struktur. Kapal polisi juga terlihat di tempat kejadian.

Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Photo :
  • Istimewa

Dua orang ditarik ke tempat yang aman setelah tabrakan tersebut, demikian dilaporkan oleh media pemerintah, People's Daily. Operasi penyelamatan sedang berlangsung, katanya.

Jembatan Lixinsha terletak di distrik Nansha, Guangzhou, yang merupakan pusat pelayaran internasional utama di kota besar tersebut.

Pekerjaan penguatan jembatan karena masalah struktural telah berulang kali ditunda dalam beberapa tahun terakhir, demikian dilaporkan stasiun televisi pemerintah CCTV.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya