Kakorlantas Polri Sebut Angka Kecelakaan 2017 Turun

Kakorlantas Irjen Pol Royke Lumowa
Sumber :
  • VIVA.coi.id/M Ali Wafa

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas atau Korlantas Polri, Irjen Royke Lumowa menyebut, angka kecelakaan di 2017, menurun sekitar 44 persen. Hal ini terkait dengan program Decade of Action for Road Safety tahun 2011-2020, yang menargetkan penurunan fatalitas korban kecelakaan sampai 50 persen.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Pernyataan itu disampaikan Royke di hadapan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dalam acara 'Rakernis Fungsi Lalu Lintas tahun 2018 yang digelar di Hotel Kartika Discovery Kuta, Bali.

"Karena itu, diharapkan pada tahun 2020, target menurunkan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas hingga 50 persen," kata Royke, Jumat 23 Maret 2018.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Pada kesempatan itu, Royke juga memberikan laporan kinerja keberhasilan Korlantas Polri bersama pihak terkait untuk mengatasi permasalahan lalu lintas di 2017 kepada Kapolri.

Antara lain, sambung Royke, kesuksesan dalam penanganan kemacetan pada operasi Ramadniya, dan lainnya. Menurutnya, dari sisi kemacetan lalu lintas di 2017, pihaknya mampu mengurai kemacetan selama pelaksanaan pengamanan mudik Lebaran, libur Natal, dan Tahun Baru.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

"Serta, hari-hari libur panjang nasional. Tahun ini bersama kementerian terkait, Polri juga turut andil dalam operasi Green Line dalam rangka penanganan kemacetan tol Jakarta-Cikampek melalui beberapa paket kebijakan," ujar Royke.

Royke melanjutkan, terkait pelanggaran lalu lintas, jajarannya telah membangun modernitas Polantas yang dikembangkan melalui program-program ERI, SDC, INTAN, SSC, serta Smart Manajemen.

Selain memaparkan hasil kerja, kegiatan ini juga meresmikan empat program unggulan baru, yakni, Prioritas Penanganan 7 Pelanggaran Lalu Lintas, Program Sosialisasi Transportasi Sehat Merakyat, Traffic Accident Research Center, dan Layanan Publik Safety.

Acara ini, turut dihadiri perwakilan Kementerian Perhubungan, Direktur Utama PT Jasa Raharja, perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian PUPR, Kementerian Bappenas, Dirjen Perhubungan Darat, Irjen Budi Setyadi, Badan Pengawas Pemilu RI, dan Komisi Pemilihan Umum Pusat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya