Jembatan Babat Ambruk Diduga karena Termakan Usia 

Jembatan yang ambruk di Tuban, jawa Timur
Sumber :
  • RTMC Polda Jatim

VIVA – Jembatan Nasional yang menghubungkan Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yaitu Jembatan Babat ambruk dan patah. Pada peristiwa itu, tercatat tiga truk pengangkut pasir terperosok dan satu sepeda motor tercebur ke dalam sungai Bangawan Solo.

Banjir Besar di Kerinci, Jembatan Temiai Amblas hingga Makan Korban Jiwa

Dikutip dari breakingnews tvOne, Selasa 17 April 2018, dilaporkan ada lima korban jiwa yang terperangkap dari peristiwa ambruknya jembatan nasional tersebut. Dari lima korban tersebut dipastikan dua tewas, dua alami luka berat, dan satu lagi hilang atau terperangkap di dalam badan truk.

Peristiwa ambruknya jembatan tersebut terjadi pada pukul 10.48 WIB, saat kendaraan berat truk berisi pasir berada pada titik yang sama di atas jembatan tersebut. Diduga ambruknya jembatan tersebut, disebabkan oleh tuanya usia jembatan, ditambah berlebihnya muatan kendaraan yang melawati jalur tersebut.

Jembatan Gantung Ambruk saat Lomba 17-an, Puluhan Warga Berjatuhan ke Sungai

Jembatan yang dibuat sejak 1980-an tersebut, terlihat memiliki baut-baut yang sudah tua, sehingga AS dari jembatan tersebut patah. Selain itu, berdasarkan pantauan tvOne di lapangan terlihat sejumlah rangka jembatan kropos.

Saat ini, ketiga truk yang terperosok tersebut belum bisa dilakukan evakuasi, karena harus menunggu crane yang berasal dari Surabaya. Sementara itu, untuk sepeda motor sudah berhasil di evakuasi.  Evakuasi truk diperkirakan baru akan dilakukan pukul 15.00 wib nanti.

35 Turis Nyemplung ke Laut Akibat Jembatan Nusa Penida Ambruk, Begini Kronologinya
Jembatan Baltimore Amerika Serikat  Ambruk

Ditabrak Kapal Kargo, Jembatan Baltimore Amerika Serikat  Ambruk

Sebuah insiden tragis terjadi di kota Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, saat sebuah jembatan utama runtuh pada dini hari Selasa, 26 Maret 2024 setelah ditabrak kapal.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024